Home » , » Tips Membersihkan Pasir Letusan Gunung Kelud

Tips Membersihkan Pasir Letusan Gunung Kelud

Written By Unknown on Rabu, 19 Februari 2014 | 00.03

Sekitar 5 hari yang lalu tanggal 14 Februari 2014 di Kediri terjadi gunung meletus. Gunung ini memang kecil dan terletak di tengah - tengah pulau jawa, khususnya jawa timur. Gunung kelud ini sangatlah berbahaya walaupun kecil, dan gunung kelud membawakan sebuah pertanda dimana didaerah jawa timur ini banyak orang yang memiliki kesaktian dan ditandai dengan letusan gunung yang dampak ledakannya hingga jawa barat, bahkan hingga Jakarta.

Terletak di Kediri dan diselimuti oleh gunung - gunung lainnya seperti gunung kawi, gunung semeru, bromo, wilis, ngliman, klotok dan lain sebagainya. Kabar berita mengatakan bahwa gunung kelud ini sangatlah hebat dari ledakannya. Yaitu jika dibandingkan dengan gunung merapi yang jika mengumpulkan pasir sebanyak gunung kelud ini hingga 1 bulan lamanya. Namun gunung kelud ini cukup hanya 4 jam saja.

Dampak terjadinya ledakan gunung kelud ini sangatlah histeris, dengan adanya kilatan petir yang menyambar, hujan pasir diseluruh wilayah kediri kebarat, dan mengakibatkan datangnya keruntuhan disetiap tempat. Dimana gunung ini memiliki tanda yang cukup kuat, yaitu tidak ada orang yang pernah menyangka bahwa segala bentuk alam semesta ini merupakan milik sang pencipta alam dan tidak akan pernah bisa dilawan.

Korban bencana gunung kelud ini memanglah tidak ada. Dalam catatan mengatakan bahwa korban lebih banyak meninggal bukan karena erupsi gunung kelud, melainkan karena membersihkan rumah yang terkena erupsi. Hal ini memang banyak dikatakan diberbagai media, bahwa gunung kelud memberikan hujan pasir yang begitu dahsyatnya dan hebatnya tidak ada korban yang terkena eruspsi.

Dijalanan kota Kediri dan sekitarnya, banyak sekali pasir yang dilintasi sepanjang jalan diseluruh kediri. Di kota lain juga terdapat dampak dari erupsi gunung kelud, seperti Tulung Agung, Trenggalek, Nganjuk, Pare, Madiun, Ponorogo, dan sekitarnya. Pasir memang banyak sekali memberikan dampak buruk dari sisa ledakan gunung kelud, namun hasil ledakan tersebut banyak memberikan pengaruh yang besar dari pertanian dan perkebunan.

Rumah roboh juga tidak terhindarkan dari ledakan gunung kelud ini. Seperti halnya Alfamart, Indomart, Rumah Berkanovi, dan sebagainya ikut roboh, sehingga banyak orang yang membersihkannya dengan alat seadanya. Tidak jarang banyak orang yang terjatuh karena membersihkan rumahnya sendiri.

Karena dengan adanya erupsi gunung tersebut petani dan pekebun banyak yang memiliki tumbuhan subur, mudah tumbuh, dan memberikan rejeki. Sehingga pertanian menjadi berkembang dan perkebunan semakin cepat mendapatkan hasil. Sebab eruspsi tersebut menghasilkan zat belerang yang dikeluarkan dari dalam bumi, sehingga tanah akan menjadi subur.

Kemudian bagaimana cara untuk membersihkan letusan gunung kelud yang tersisa di atas atap rumah, halaman, maupun tempat penting lainnya. Simak berikut :

Sapu

Gunakanlah sapu sebagai alat untuk membersihkan rumah seperti atap, genting, kanovi, esbes, dan sebagainya. Sapu terbuat dari kelapa merupakan sapu yang sangat disarankan untuk membersihkan atap, sehingga bersih yang akan dihasilkan akan sangat memuaskan. Sapu juga berguna untuk memberihkan dalam rumah seperti ruang tamu, kamar, dapur dan sebagainya untuk menghilangkan debu dan pasih yang masih tersisa akibat ledakan gunung.

Sekrop

Jangan lupa menggunakan sekrop untuk membersihkan pasir yang tebal. Jika dirumah anda terdapat pasir yang tebal maka selalu gunakanlah sekrop. Gunung kelud memuntahkan pasirnya hingga 20 cm. Sehingga harus menggunakan sekrop untuk dapat membersihkannya. Sekrop berguna untuk mempermudah pengangkatan pasir ke dalam bak pasir.

Bak Pasir

Jangan lupa sediakan bak pasir yang dapat dibuat untuk menampung pasir. Sehingga hal ini untuk mempermudah mengangkatan pasir sehingga pasir tidak kemana - mana. Seperti bak pasir yang bisa dijalankan. Bak pasir akan mempermudah membersihkan kotoran atau pasir yang masih sulit dihilangkan. Bak pasir menampung dengan tepat dan cepat jika pasir terbilang sangat banyak.

Tali Pengaman

Selalu gunakan tali pengaman, seperti sabuk, tali tampar. Ikatkan dibagian perut dan kaitkan dengan "ros" genteng agar tidak terjatuh. Dengan mempergunakan tali pengaman ini, memperkecil terjadinya kecelakaan yang dapat mengakibatkan kelumpuhan. Bila membersihkan atap sering kali orang lupa untuk memasang tali pengaman, sehingga sering jatuh. Pergunakan tali pengaman yaitu sabuk dikaitkan dengan tampar yang kuat, dan ikatkan ke kayu penyangga genting.

Penggaruk Pasir

Anda dapat menggaruk pasir dengan alat seadanya. Cangkul, kayu, fiber, dan lain sebagainya. Penggaruk pasir dapat memberihkan pasir secara menyeluruh. Penggunaan penggaruk ini dapat memberikan efektivitas hingga 80% pasir terangkat dan menyisakan pasir yang sedikit.

Topi

Jika ingin kepala anda dan rambut anda tidak terkena pasir, selalu pergunakan topi. Hal ini memang sangat disarankan untuk pasir yang dihasilkan dari gunung meletus. Sehingga topi ini akan melindungi kepala dan rambut anda supaya tidak pusing dan gatal.

Geledekan

Anda memiliki geledekan atau bahasa indonesianya adalah penghantar pasir. Geledekan ini berfungsi mengangkut pasir, sehingga pasir akan terangkat banyak dengan cepat dan mudah untuk dikeluarkan. Pergunakanlah pasir untuk dapat memberikan keefektivitas yang tinggi menanggulangi bencana gunung, khususnya gunung kelud.

Air

Air dari selang kran juga sangat berpengaruh untuk menanggulangi korban bencana letusan gunung kelud. Pergunakan selang untuk menyemprot pasir yang masih tersisa dirumah anda. Dengan menyemprotkan air tersebut maka pasir akan tersisihkan dengan mudah. Jika keramik dalam rumah anda terdapat pasir yang banyak, pergunakanlah air dengan selang yang dapat diubah - ubah, sehingga pengeluaran pasir dapat secara maksimal.

Masker

Hal terakhir yang paling penting untuk menanggulangi bencana gunung kelud adalah masker. Hampir di kota yang terkena dampak kelud seperti semarang, jogja, tulungagung dan sebagainya menggunakan masker secara serentak. Mintalah kepada relawan bencana untuk menutupi hidung anda dengan masker yang diberikan secara gratis. Hal tersebut dapat memperkecil kemungkinan sesak nafas.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan diri setelah membersihkan pasir gunung kelud. Karena dengan membersihkan diri akan terciptanya kesehatan, kebugaran dan keberhasilan.

Gunung kelud memang menyisakan banyak luka, namun dengan adanya gunung kelud meletus tersebut maka proses erupsi dan pasir yang ditimbulkan akan membuat tumbuhan menjadi subur, mudah mengembang, dan panen dini. Hal ini memang dimanfaatkan oleh beberapa petani yang senang untuk memperjualkan hasil kebun yang baik...

Baca Juga : Mitos Petir Menyambar Di Cakrawala Gunung Kelud

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut