Home » , , » Tips Cemerlang Mengatasi Rambut Rontok

Tips Cemerlang Mengatasi Rambut Rontok

Written By Unknown on Sabtu, 07 Juli 2012 | 10.52

Rambut adalah mahkota bagi diri sendiri maupun orang lain, rambut juga memiliki keistimewaan yang penting bagi tubuh anda. Selain untuk memperindah penampilan dan sebagai untuk menempel aksesories seperti jepit, bando, dan lain sebagainya juga memiliki fungsi sebagai melindungi kepala anda dari cuaca panas ataupun dingin. Rambut yang tebal juga mengurangi atau mencegah benturan yang terjadi, sehingga merawat rambut sangatlah penting.

Rambut rontok merupakan keadaan dimana kepala sudah tidak dapat menampung rambut atau kekurangan minyak rambut. Rambut rontok sebaiknya diatasi karena jika tidak diatasi maka hal tersebut akan berakibat kebotakan. Kebanyakan orang botak hanya mengabaikan rambutnya yang rontok hari demi hari hingga mengalami botak permanen. Rambut rontok juga berakibat berkurangnya daya tarik terhadap lawan jenis sehingga hal ini menjadi masalah yang sangat penting bagi kaum muda khususnya.

Kebotakan terjadi akhibat kurangnya hormon yang menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut, kelainan bentuk congenital, atau rambut abnormal juga dapat memicu terjadinya rambut rontok. Kerontokan terjadi disebabkan oleh usia, kebiasaan, pikiran, bahkan kurangnya olahraga. Oleh sebab itu secara dini sebaiknya melakukan perbaikan atau pencegahan kemudian pemeliharaan untuk mengatasi rambut rontok. Dengan kata lain rambut rontok ini dapat diatasi bila anda memiliki niat untuk mengatasinya.

Usia mulai 18 tahun ke atas adalah fase yang sering terjadi kerontokan pada rambut, sehingga usia tersebut lebih rentan terhadap kebotakan pada saat usia mulai 45 tahun ke atas. Faktor lain penyebab selain usia adalah waktu untuk keramas setiap hari juga menyebabkan terjadinya kebotakan dini. Rambut rontok akan terus jatuh seiring dengan bergantinya waktu, hal ini terus terjadi hingga mulai menginjak usia tua.

Kebanyakan rambut yang sudah rontok dan akan susah sekali untuk tumbuh kembali. Hal ini disebabkan karena hormon yang terdapat didalam rambut sudah tidak berfungsi dan berproduksi lagi. Sehingga hal inilah yang mengakibatkan kebotakan permanen.

Setiap orang memiliki jenis, warna rambut yang berbeda, orang barat cenderung memiliki rambut berwarna pirang atau terang, dan orang timur cenderung memiliki rambut hitam. Begitu juga dengan masing - masing orang yang memiliki berbagai macam bentuk rambut, yaitu lurus, keriting, halus, mengembang, dan lain sebagainnya. Semua itu disebabkan oleh gen, namun masalah utama yang hampir sama dimiliki adalah rambut rontok yang berakibat kepada kebotakan.

Karena rambut rontok itu bisa disebabkan yaitu kurangnya perawatan, terlalu banyak memikirkan masalah hingga stress sehingga mengakibatkan kerontokan, akar rambut yang rapuh, terlalu sering direbontong, penggunaan shampoo yang tidak cocok, kerusakan akibat sering mencatok, dan faktor internal seperti kurangnya vitamin atau mineral.

Berikut ini adalah beberapa tips cemerlang untuk mengatasi rambut rontok :

Minyak Kemiri

Dengan mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala anda maka ini adalah cara yang ampuh untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kerontokan di rambut anda. Anda tidak perlu mencari minyak kemiri karena minyak kemiri sudah banyak dijual di salon - salon kecantikan atau toko penyedia minyak kemiri seperti toko perawatan rambut. Ini dikarenakan minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat membuat rambut menjadi semakin kuat dan lebat.

Jus Bawang

Jika anda belum pernah mencoba jus bawang maka cobalah untuk mengatasi rambut anda yang rontok. Bawang merah atau jahe ke kulit kepala anda dan mengabaikan bau yang ditimbulkan oleh bawang merah pada malam hari menjelang tidur dan biarkan semalaman untuk hasil yang optimal. Ini biasanya berhasil bila anda melakukan hal tersebut hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lidah Buaya

Ini adalah hal yang paling sering di bicarakan oleh banyak orang, bahwa bila anda mengoleskan lidah buaya ke kepala anda maka pertumbuhan rambut anda akan semakin cepat dan mendapatkan rambut lebat sesuai dengan keinginan anda. Lidah buaya sangat bagus untuk menumbuhkan rambut, tidak berbau dan rasanya seperti agar - agar lidah buaya juga baik untuk dikonsumsi.

Pijatan Kepala

Ini merupakan cara tradisional yang dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan membantu folikel rambut tetap aktif, terlebih lagi bila menggunakan beberapa tetas minyak sesesensial lavender, almon, atau wijen dalam perawatan maka dapat membantu pembentukan sel baru yang dapat memperkuat rambut secara alami. Jika anda belum bisa melakukan pemijatan sendiri maka sebaiknya minta bantuan kepada teman atau siapapun yang sudah berpengalaman agar hasil yang didapat juga maksimal.

Daun Seledri

Beberapa kandungan vitamin yang terdapat di daun seledri yaitu zat besi, kalsium, vitamin A, natrium dan vitamin B. Dalam seledri dapat bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut yang sering rontok atau kurang sehat, sehingga akan lebih sehat, kuat, dan lebih berkilau. Cara menggunakannya hampir sama dengan menggunakan lidah buaya, yaitu dijadikan sebagai pengganti shampoo.

Teh Hijau

Mungkin teh kebanyakan di pergunakan untuk diminum atau diseduhkan air panas untuk membantu penyembuh luka, namun teh hijau juga bermanfaat sekali untuk menghilangkan kerontokan pada kepala. Kandungan anti oksidan dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi, mencegah dan mengatasi rambut rontohk. Meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kondisi rambut agar tetap sehat.

Jus Alami

Oleskan kepada rambut jus bawang putih, bawang merah, ataupun jus jahe hingga merata, kemudian diamkan semalaman selama anda tidur. Kemudian bilahlah ketika anda bangun di pagi hari, dengan menggunakan shampoo agar bau bawang menghilang. Ini merupakan cara tradisional yang sangat manjur sekali, jika anda menggunakan jus alami tersebut setiap 3 hingga 7 kali seminggu, maka rambut anda akan terhindar dari kerontokan.

Kurangi Konsumsi daging

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh makanan tertentu. Penelitian di Jepang mengatakan bahwa jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak hewani seperti daging, maka produksi bakteri pada kulit kepala dan kelenjar minyak pada kepala akan meningkat. Jadi usahakanlah untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak seperti daging.

Minyak Kelapa Sawit

Jika anda belum tau kasiat dari kelapa sawit maka anda perlu mencobanya untuk hasil yang lebih maksimal. Siapkan kurang lebih 400 miligram minyak kelapa sawit kemudian oleskan secara merata pada rambut anda setiap hari menjelang pagi. Maka perlahan pasi rambut rontok anda akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Sayuran Laut

Kandungan yodium pada sayuran laut sangat baik untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok. Usahakan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran laut seperti wakame, rumput laut, dan sebagainya. Hal ini merupakan cara yang paling baik dan sehat agar anda terhindar dari rambut rontok secara berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut