Home » » Cara Cemerlang Membuat Ide Kreatif

Cara Cemerlang Membuat Ide Kreatif

Written By Unknown on Kamis, 14 Juni 2012 | 01.31

Ide kreatif merupakan salah satu bentuk pemikiran seseorang untuk menuju perubahan yang lebih baik. Ide cemerlang dan ide kreatif hampir sama namun perbedaannya hanya di perilakunya. Jika ide cemerlang itu mengarahkan diri untuk terus maju dan menuju kesuatu tujuan tertentu, namun ide kreatif yaitu memodifikasi seluruh kegiatan yang dilakukan sehingga terlihat berbeda dengan lainnya.

Kreatif itu memang dapat dilakukan secara terus menerus dan menghasilkan karya hebat dalam diri seseorang yang melakukannya. Karena dengan membentuk ide kreatif itu akan merubah kehidupan seseorang dalam berusaha, bertindak, berperilaku, merasakan, hingga perasaannya. Kreatif juga membantu seseorang dalam membangun bisnis yang dikembangkan sehingga bisnisnya tersebut mengarahkan ke masa depan yang lebih cerah.

Kreatif itu dimilai sejak masih duduk dibangku sekolah, dan biasanya pada saat bersekolah seseorang akan menghasilkan pemikiran yang luar biasa, seperti menginginkan sebuah bisnis yang besar sehingga dapat membeli sebuah properti yang memiliki nilai lebih tinggi daripada menjadi karyawan atau pegawai. Ketika sudah menginjak usia kerja maka seseorang akan diarahkan ke pekerjaan yang bila dilakukan dengan cara kreatif akan mendapatkan pengalaman yang berupa suatu pengalaman baru, cara baru untuk menyeleseikan masalah pekerjaan tersebut.

Dalam segi lingkungan sendiri kreatif banyak dicari oleh masyarakat, karena dengan terbentuknya kreatif tersebut akan mendapatkan perubahan lingkungan seperti tidak adanya pengangguran, kemiskinan berkurang, kebodohan tidak ada, dan memiliki komunitas atau kelompok yang baik. Lingkungan yang dikelola akan memperoleh lingkungan yang bersih, sehat, serta memiliki nilai lebih tinggi daripada sebelumnya.

Manusia kreatif akan membentuk dirinya sebagai manusia yang berguna, pantang menyerah, tidak menyulitkan orang lain, serta membantu pembentukan seluruh isi kehidupan manusia seperti mengolah lingkungannya menjadi sangat berguna bagi kehidupan manusia selanjutnya. Hal ini dilakukan oleh beberapa negara didunia seperti Jepang, Amerika, German, Belanda, Indonesia dan lain sebagainya untuk membangun negaranya menjadi negara yang makmur, bebas dari kejahatan dan sebagainya.

Terkadang negara yang memiliki aturan ketat itu baik dan banyak yang mencontoh oleh negara lain, namun sayangnya negara tersebut sangatlah ketat hingga hukuman kecil pun harus dilakukan seperti membuang sampah sembarangan akan dikenakan sangsi membersihkan kota selama seminggu.

Karena ideologi berpikir kreatif itu adalah bagaimana membentuk sesuatu hal yang baru, indah, tidak melukai dan membebani maka rumusan undang - undang juga ikut dalam pemasukan ide kreatif tersebut. Semakin tahun undang - undang selalu berubah dan terus mendapatkan pemasukan yang ideal, sehingga hal ini membentuk perubahan yang begitu besar terhadap negara yang menganut demokrasi republik.

Kemudian bagaimana untuk membentuk ide kreatif sehingga menghasilkan perubahan yang besar bagi kehidupan manusia ?. Berikut ulasan mengenai cara untuk membuat ide kreatif tersebut :

Membuat Rencana

Rencana itu harus dilakukan seseorang dalam membentuk ide kreatif, karena dengan rencana tertulis itu akan menghasilkan perubahan yang besar. Semisal seseorang menginginkan pekerjaan yang lebih baik daripada pekerjaannya sebagai koki masak. Maka orang tadi akan menghasilkan perubahan berupa berdirinya sebuah restoran baru yang menyajikan masakan dari pengalaman koki tersebut.

Rencana ini harus disertai dengan tekat, tidak memikirkan seberapa besar biaya, dan selalu meluruskan pemikiran kedepan serta fokus tidak mengarah kemanapun demi perubahan yang terjadi. Rencana tersebut biasanya berhasil dan menghasilkan pembentukan ide kreatif lain.

Jika anda masih sekolah atau kuliah maka sebaiknya anda mempergunakan cara yang tepat untuk mendapatkan uang agar bisa membayar sekolah anda dengan tidak membebani orang tua. Sehingga sekolah anda tetap jalan, pekerjaan anda juga akan tetap dapat memenuhi kebutuhan anda sehari - hari. Berpikirlah untuk mendapatkan uang dengan cara yang halal, seperti berjualan makanan di sekolah dan menawarkan kepada teman - teman.

Pikirkan Hal Mudah

Jika anda tidak tau bagaimana untuk membentu ide kreatif maka sebaiknya anda memikirkan hal mudah. Seperti halnya anda mulai berbisnis pakaian, ikan hias, warung makanan, pencucian motor dan sebagainya. Setelah anda mendapatkan ide yang anda inginkan maka sebaiknya anda melakukannya dengan menuliskan rumusannya, yaitu seberapa besar pengeluaran dan pembelian sebuah properti yang akan dibeli untuk mewujudkannya.

Ingat ! jangan pernah memikirkan bagaimana untuk mendapatkan uang sebelum anda berhasil membangun usaha yang anda lakukan nanti. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk membangun suatu perusahaan mulai dari kecil dan akan mengarahkan diri anda ke sesuatu hal yang besar.

Jangan Terburu - Buru

Jika anda memiliki pendapat untuk mengembangkan usaha dengan cepat dan terus berlangsung singkat, maka hal tersebut tidak akan berhasil. Karena pelanggan yang anda tawarkan masih sedikit, dan tentunya program yang akan anda galakan nanti menjadi tidak berhasil. Sebaiknya menggunakan target pasar yang sesuai.

Sebagai misal toko anda merupakan toko baru yang menyediakan pakaian berkualitas tinggi, namun secara tidak sadar anda menginginkan perluasan wilayah toko dengan membangun gedung yang besar sehingga menghabiskan banyak biaya. Hal inilah yang akan membuat bangkrut seseoang dalam usahanya, sehingga jangan terburu - buru mengembangkan dengan cepat, namun secara perlahan - lahan namun pasti.

Hanya Lakukan Saja

Setelah ide kreatif anda lakukan dengean baik, maka teruslah melangkah dengan menciptakan ide baru untuk mengembangkan usaha anda. Penelitian bisnis mengatakan bahwa jika seseorang melakukan usaha yang dilakukan dengan sepenuh hati, ditengah - tengah jalan nanti pasti akan mendapatkan ide baru untuk mengembangkan ide tersebut hingga mendapatkan puncak dari usaha yang dilakukannya.

Berkomunikasi Dengan Orang Lain

Berkomunikasi merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dari orang lain. Karena dengan pengalaman orang lain anda akan mendapatkan ide kreatif selanjutnya. Bergaulan dengan pelanggan anda, atau pengusaha lainnya yang terkait dengan usaha yang anda lakukan. Karena dengan hal tersebut akan menghasilkan perubahan besar dalam usaha yang anda dirikan tadi.

Rutin Membaca Berita

Sekarang merupakan jaman dimana komunikasi itu terus diberikan dan dikembangkan. Maka jika anda belum memiliki Handphone Smartphone sebaiknya anda membelinya dengan harga yang ekonomis. Didalam berita yang sangat cepat tersebut dapat dilihat dari ponsel anda, dengan membaca rutin berita mengenai keterkaitan dengan usaha anda, maka anda akan mendapatkan pemikiran baru dalam mengembangkan usaha yang anda kembangkan saat ini.

Buatlah Daftar Keinginan

Jika anda memiliki pengalaman dalam berpikir positif, maka usaha yang anda dirikan tadi tidak sia - sia. Karena dengan berpikir positif tersebut seseorang akan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Dan keuntungan tersebut tidak dibelanjakan dengan berfoya - foya atau sebagainya. Namun untuk diberikan kepada usaha selanjutnya, seperti mengembangkan usaha sekarang hingga menghasilkan usaha yang besar, kemudian membeli usaha lagi yang sama dengan usaha sekarang, dan terus menerus mengembangkannya hingga anda memiliki kepuasan dalam membangun bisnis.

Jika keinginan anda itu terdaftar dan terinci dengan baik, maka anda dapat melakukan segala daftar yang harus anda lakukan setelah anda mendapatkan keuntungan dari usaha anda. Sebaiknya lakukan dengan penuh tanggung jawab. Karena tanggung jawab tersebut akan menghasilkan kemaksimalan dalam berusaha mendirikan perusahaan anda...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut