Home » , » Tips Membuat Otak Cerdas Cemerlang

Tips Membuat Otak Cerdas Cemerlang

Written By Unknown on Kamis, 06 Maret 2014 | 07.28

Otak manusia merupakan pusat pemikiran yang dapat menciptakan sesuatu. Otak dapat menemukan hal baru dimana tubuh akan melakukan segala perintah otak. Otak diciptakan oleh tuhan untuk berpikir, melakukan eksperimen, dan menciptakan cara baru untuk hidup. Otak ini mampu menyimpan informasi hingga jutaan neuron per sel. Sehingga otak manusia merupakan otak yang paling hebat daripada otak hewan.

Disisi lain otak juga memiliki banyak kendala ketika seseorang mengubahnya dengan kebiasaan mereka. Otak yang sehat yaitu otak yang dibiasakan oleh manusia seperti melakukan tindakan kebaikan, memikirkan masa depan, menjaga kesehatan, olahraga, dan hal positif lainnya. Otak akan sakit bila terus menerus melakukan tindakan bodoh seperti merokok, minum alkohol, kecanduan narkoba, berperilaku kurang baik kepada orang lain, dan hal negatif lainnya.

Kemampuan manusia dalam berpikir sangatlah hebat. Otak dapat membuat apa saja yang dipikirkannya, seperti mobil, rumah mewah, gedung bertingkat, pesawat, handphone dan sebagainya. Otak akan kembali kepada fungsinya bila teratur diasah setiap hari. Bila otak dibuat untuk tidur maka akan mempertajam ingatan seseorang dalam mengolah informasi.

Hal ini merupakan salah satu kendala terhebat didunia bila otak tidak diperbaiki secara cemerlang. Sehingga hal yang dapat menolong seseorang untuk membuat otak cerdas cemerlang yaitu dengan beberapa cara atau tips berikut ini :

Konsumsi Omega3

Konsumsilah omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan. DHA dan EPA ada didalam minyak ikan tersebut yang membantu anda dalam mengolah ingatan agar lebih baik. Anda tidak dapat menghafal bagaimana merangkai sebuah kata - kata untuk pidato, namun bila anda secara rutin mengonsumsi omega 3 yang terdapat di ikan salmon maka ingatan anda dan ucapan saat pidato anda tadi akan lancar terus menerus bertahap.

Makan Berprotein

Telur, kacang, dan makanan berprotein lainnya bila terus dikonsumsi akan meningkatkan daya kemampuan otak untuk kembali mengingat dan memproduksi banyak sel untuk diedarkan keseluruh tubuh. Makanlah secukupnya dengan protein nabati yang baik untuk menunjang otak anda, sehingga hal ini membuat kecerdasan anda semakin bertumbuh cemerlang setiap harinya.

Membaca

Riset membuktikan bahwa membaca merupakan cara yang tepat untuk memberikan informasi kepada pikiran dan memberikan simulasi yang tepat kepada otak supaya dapat memikirkan hal besar lainnya sehingga otak akan menjadi tetap cemerlang. Hal ini dilakukan oleh negera Jepang untuk menunjang pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak salah Jepang mendapatkan banyak prestasi karena sering dan setiap hari membaca.

Mengisi Teka Teki Silang

Isilah teka - teki silang, karena dengan cara ini anda akan memikirkan lebih banyak kata dan huruf untuk memenuhi kotak yang ada. Perhubungan neuron dengan neuron lainnya didalam otak akan semakin bertambah dan membuat otak semakin memikili fungsi yang optimal. Jika anda dapat mengisi teka - teki silang, maka isilah dengan sepenuh hati, karena hal tersebut akan meningkatkan daya kemampuan otak anda.

Bermain Game Puzzle

Bermain Puzzle seperti Zuma, The Lamp, Sudoku dan sebagainya merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan otak anda. Belajar menghadapi tantangan di game tersebut dan mengalahkan level demi level akan meningkatkan kemampuan otak anda untuk kembali optimal. Kemampuan berbisnis seseorang terkadang harus ada game yang membantu meningkatkan pemikiran seorang pemimpin perusahaan, seperti halnya permainan Age Of Ampire yang terkenal dengan membangun bisnis dan proses penyerangan.

Mencari Jalan Pulang

Jika anda tersesat, jangan menggunakan GPS, namun teruslah mencari dimana anda dapatkan jalan pulang. Karena dengan menghadapi masalah seperti ini membuat otak menjadi lebih baik, tidak mudah putus asa, dan terus berkembang dengan pemikiran - pemikiran kreatif. Jangan jauh - jauh untuk menemukan jalan pulang, karena bila terlalu jauh dapat menyebabkan anda terlalu pintar. Semakin jauh anda tersesat, semakin berkembanglah otak yang anda miliki.

Olahraga Teratur

Berolah raga merupakan cara yang tepat untuk membantu otak kembali sehat. Kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan bila olahraga terus dilakukan seminggu 2 hingga 4 kali. Hal ini membentuk pemikiran - pemikiran yang baik dan mengarahkan diri untuk terus berpikir positif. Hormon didalam tubuh manusia akan terus membantu pemikiran bila olahraga tetap dilakukan.

Sholat

Manfaat sholat selain untuk berkomunikasi dengan Tuhan juga memberikan otak lebih tenang, rileks, serta tetap memiliki pemikiran yang cemerlang. Bila diperhatikan, otak akan menuju kebawah atau dalam islam yaitu sujud, yang dalam segi ilmu pengetahuan berarti darah menuju ke otak dan merefresh pemulihan otak jika ada sel yang rusak. Ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan otak, karena sholat merupakan cara yang paling tepat untuk membentuk perubahan berpikir seseorang.

Sedekah

Mungkin belum banyak orang yang yakin bahwa sedekah merupakan cara yang tepat untuk membuat otak cerdas cemerlang. Namun hal ini telah dibuktikan bahwa jika salah satu dari harta kita diberikan kepada orang yang membutuhkan, maka pemikiran kita adalah membagi sebuah rejeki, sehingga pikiran akan membuat suatu cara untuk mendapatkan rejeki tersebut kembali. Itulah kenapa orang sedekah akan jauh lebih pintar daripada orang pelit.

Membantu Sesama

Membantu orang lain yang kesusahan merupakan cara menginkatkan otak selanjutnya. Hal ini disebabkan karena membantu sesama itu merupakan strategi baru untuk mendapatkan tantangan selanjutnya tanpa adanya pamrih. Dan otak menyukai strategi baru, karena dapat berkembang pesat dalam sel otak manusia. Bantulah orang lain dengan ikhlas, dan rasakan otak anda akan kembali fresh.

Mengerjakan Hal Positif

Hal positif yang dapat dilakukan untuk membuat otak kembali cemerlang yaitu mengasah otak dengan mengerjakan tugas atau rumus pelajaran, bekerja dengan sepenuh hati, tersenyum kepada orang lain, membangun sebuah masjid, membangun rumah agar terlihat cantik, dan sebagainya. Jauhi hal negatif seperti merokok, kecanduan narkoba, seks bebas, dan sebagainya. Karena hal tersebut akan menciutkan otak dan menurunkan daya ingat otak.

Bekerja Keras

Jika anda selalu bekerja keras dengan penuh tanggung jawab, maka otak akan merespon dengan baik. Sehingga hal ini akan membuat pemikiran seseorang mengarah kepada kebiasaan bekerja keras. Kebiasaan tersebut harus dilatih sejak dini, mulai pada saat sekolah. Seperti membantu membersihkan rumah, membantu orang tua bekerja, rajin membersihkan rumah dan sebagainya. Ini bermaksud untuk menciptakan kebiasaan rajin kepada diri anda sendiri, sehingga bila nanti anda memasuki dunia kerja akan kecil kemungkinannya anda gagal, dan otak anda akan menyerap lebih banyak informasi sehingga menjadi cerdas bertumbuh.

Baca Juga : Pikiran Cemerlang Thomas Alva Edison

Terus Mengasah Strategi

Berikan simulasi kepada otak anda dengan terus mengasah strategi. Strategi memberikan banyak manfaat kepada otak karena memiliki daya hubung antar sel otak dengan lainnya sehingga akan meningkatkan daya kemampuan otak. Seperti halnya strategi perang, perang memberikan banyak tekanan kepada otak manusia, hal ini disebabkan adanya kekerasan yang membuat otak manusia berpikir untuk terhindar dari kekerasan tersebut. Mengasah strategi tersebut memberikan kemampuan otak untuk mendapatkan ide cemerlang dan membebaskan diri dari kebodohan.

Menghindari Kecanduan

Kecanduan nafkoba, rokok, seks, kebiasaan buruk dan sebagainya membuat otak melemah, tidak berkembang, selalu menggantungkan, dan tersumbatnya sel darah merah yang membantu tubuh untuk menghasilkan pemikiran yang cemerlang untuk otak manusia. Hindarilah kecanduan tersebut dengan cara yang tepat seperti menghindari orang - orang yang memiliki kebiasaan buruk.
Baca Juga : Tips Cemerlang Berhenti Merokok

Menikmati Hidup

Nikmatilah hidup, karena dengan menikmati hidup itu membantu otak untuk menciptakan energi baru, sesuatu yang bermanfaat dan memberikan banyak pengaruh untuk mengasah otak. Menikmati hidup itu harus terus dilakukan, karena jika tidak maka otak akan melemah sehingga menghasilkan pembentukan sel yang buruk untuk tubuh. Nikmatilah hidup anda untuk membuat otak kembali fresh, dan jangan sia - siakan semua hal yang anda inginkan agar otak anda menjadi sangatlah cemerlang...

2 komentar:

  1. yang susah saya hilangin sampai sekarang ini cuman kecanduan merokok itu sob, tetapi saya akan berusaha terus supaya berhenti merokok
    thanks sob informasinya :) semoga kita semakin pintar

    BalasHapus
  2. Aku juga pernah menjadi perokok berat, sekarang bisa sembuh. Kebiasaan itu harus dilatih sob, seperti halnya bergaul. Pengaruh pergaulan itu sangatlah besar, sehingga bila sobat pengen berhenti merokok, jauhilah orang - orang yang suka merokok juga. Dekatilah orang yang tidak merokok, hal tersebut akan membuat kecanduan rokok berkurang dan akhirnya sembuh. Contohnya aku sob.. Semoga bermanfaat ^_^

    BalasHapus

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut