Home » » Cara Cemerlang Meningkatkan IQ

Cara Cemerlang Meningkatkan IQ

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 08.58

IQ adalah Intelegen Quotient merupakan penjelasan yang menerangkan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan seperti kemampuan menalar, rencana, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami, dan sebagainya. Kemampuan kecerdasan intelegen (IQ) ini memiliki kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang.

Kecerdasan Intelegen ini diukur dengan menggunakan alat psikometri atau dapat disebut dengan test IQ. Usia yang dapat membandingkan mental IQ untuk membedakan banyaknya informasi yang diterima untuk menerima kecerdasan tersebut.

Beberapa definisi kecerdasan yang memiliki kecenderungan dalam beberapa kasus, kecerdasan kreatifitas, kepribadian, watak seseorang, pengetahuan, dan bahkan kepribadian. Beberapa psikolog tidak termasuk hal - hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan. Kecerdasan tersebut biasanya mengarah kepada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, akan tetapi belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan.

Beberapa penelitian yang diungkapkan oleh Stenberg dan Slater pada tahun 1982 mendefinisikan bahwa sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif yang didefinisikan yaitu konsumen cerdas.

Menurut L.L. Trurstone, kecerdasan bisa dibagi dua yaitu kecerdasan umum yang disebut sebagai faktor-g maupun spesifik. Akan tetapi pada dasarnya kecerdasan tersebut dapat dipilah - pilah, sebagai misal telah diunngkapkan Trurstone yaitu, Pemahaman dan kemampuan verbal, Angka dan hitungan, Kemampuan visual, Daya ingat, Penalaran, dan Kecepatan perseptual.

Dibeberapa tempat seperti di Universitas Harvard yang memiliki psikolog terkemuka menyatakan bahwa ada 8 kemampuan kecerdasan manusia, diantaranya yaitu, kecerdasan linguistik (Perkataan), kecerdasan matematik (hitungan), kecerdasan spasial (Visualisasi), kecerdasan kinetik (gerak), kecerdasan musikal (musik), kecerdasan interpersonal (Peka), Kecerdasan intrapersonal (Kemampuan diri sendiri), dan kecerdasan naturalis (Menikmati Alam).

Sebab mengapa orang harus meningkatkan IQ yaitu untuk mempertajam ingatan, menjaga tubuh agar tetap sehat, memiliki kemampuan berpikir kritis, emosi terkontrol, memiliki pemikiran maju, merasakan atau peka terhadap lingkungan.

Beberapa cara untuk meningkatkan IQ seseorang yaitu sebagai berikut ini :

Tarik Nafas

Menarik nafas merupakan cara sederhana untuk memulai peningkatan oksigen yang membantu meningkatkan IQ. Dengan bernafas melalui hidung maka fungsi otak akan meningkat, nemarik nafas dalam - dalam memberikan asupan O2 lebih banyak pada darah. Anda dapat meningkatkan kemampuan ini dengan memilih latihan olahraga pernafasan.

Membuat Jurnal

Membuat jurnal ini memberikan pengaruh pada IQ seseorang, penelitian menyebutkan bahwa Cathatine M. seorang penulis buku mempelajari kebiasaan 300 orang jenius seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Edison, menyebutkan bahwa mereka adalah orang jenius yang merupakan penulis jurnal atau buku harian yang rajin. Thomas Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam bentuk ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya.

Belajar Sebanyak - banyaknya

Saat kita mempelajari berbagai kegiatan ilmu pengetahuan, dalam otak akan menciptakan arus syaraf baru dalam otak, sehingga orang pintar merupakan orang yang memiliki aliran arus otak lebih banyak dibadingkan dengan orang lain. Otak manusia akan menciptakan aliran syaraf dengan mempelajari hal barumm dan semakin beragam hal yang dipelajari semakin pintar otak kita.

Membaca Cepat

Poto Reading merupakan hal mudah yang dapat dipelajari dan membantu proses informasi tertulis dalam jumlah besar dan lebih cepat serta dapat membantu anda dalam memahami informasi yang lebih baik dengan metode tradisional tersebut yang sering kali diajarkan disekolahan. Membaca cepat ini membantu IQ memahami dengan cepat serta meningkatkan daya kemampuan otak ketika gerak mata dipercepat dalam mengolah informasi.

Beristirahat Secara Berkala

Belajar lebih baik selama 20 menit, kemudian ambil waktu istirahat secara singkat. Metode ini memang efektif karena hal yang akan dipelajari pada awal dan akhir sesi belajar akan bertahan lebih lama dalam ingatan. Beritirahat memproses otak kembali baik setelah mengolah informasi yang telah diserap.

Makanlah Teratur

Riset membuktikan bahwa makanan yang diserap tubuh yaitu makanan yang teratur. Apabila anda memakan ikan setiap hari, setelah 1 bulan kedepan anda akan merasakan kasiatnya. Pemikiran anda akan jauh lebih maju, tindakan anda dapat membuat perubahan, serta mood anda akan kembali normal. Hal ini memang direkomendasikan bagi anda yang menginginkan untuk memperoleh IQ lebih tinggi.

Gerakan Tubuh

Memnggerakan tubuh secara rutin setiap hari merupakan proses kunci dimana didalam perkembangan dan proses belajar menjadi lancar. Olahraga otak merupakan program olagraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, yaitu Dr. Paul Dennision. Olahraga otak membantu anda dalam beberapa hal diantaranya yaitu, pemahaman, konsentrasi, berpikir secara abstrak, daya ingat, keletihan mental, kemampuan menyeleseikan masalah, keseimbangan fisik dan koordinasi.

Bermeditasi / Beribadah

Neuropsychologist menyatakan bahwa meditasi atau beribadah dapat mengubah strukture otak. Hasil scan MRi dari mediator menunjukan bahwa kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak, khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara menggangu didengarkan pada mediator yang sedang melalui scan MRi, suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang yang tidak bermeditasi. Beribadah merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan otak terhadap perkembangan otak. Sehingga hal ini dapat menjadi pemicu peningkatan IQ.

Meningkatkan Kemampuan EQ

EQ atau Emosional Quotient memang memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap IQ. Hal ini disebabkan karena kecerdasan emosional terhadap kesuksesan seseorang 70% daripada IQ sebenarnya. Sehingga berbagai perusahan penting menyebutkan IQ hanya 30% penting, namun EQ atau berhubungan dengan Sosial jauh lebih penting. Meningkatkan EQ dengan cara sering berkomunikasi kepada seseorang yang lebih tua atau jauh lebih berpengalaman merupakan cara yang paling tepat untuk mengasah IQ supaya lebih cerdas.

Luangkan Waktu Untuk Bermain

Jika anda meluangkan waktu untuk bermain, sebagai misal anda terjebak macet, dan kegiatan yang dilakukan menjadi terhambat. Peristiwa ini sebaiknya dimanfaakan untuk memainkan sebuah permainan seperti bermain sudoku, chees, bilyard di handphone. Kejenuhan membuat otak anda menurun, sehingga untuk meningkatkannya ubahlah waktu luang anda untuk bermain dan bereksperimen secara keseluruhan.

Olaharaga

Riset menunjukan bahwa jogging, berenang, atau olahraga lainnya yang menyenangkan dapat meningkatkan fungsi otak menjadi lebih optimal. Olahraga teratur setiap minggu 3x merupakan olahraga yang dapat membantu otak dan peredaran darah menjadi sangat lancar. Peningkatan kemampuan mengingat akan terus membaik dan berangsur - angsur meningkatkan daya pikir. Lakukanlah olahraga ketika anda mendapatkan waktu luang yang cukup. Ini membantu anda dalam menyeleseikan masalah dalam berpikir...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut