Home » » Cara Menyehatkan Pikiran

Cara Menyehatkan Pikiran

Written By Unknown on Minggu, 30 Maret 2014 | 08.11

Menyehatkan pikiran adalah salah satu aktivitas positif yang memberikan efek mulai dari pandangan, kesehatan, hingga kesuksesan. Menyehatkan pikiran dapat berujung kedalam suatu pemikiran maju, dimana pelakunya dapat merubah kehidupannya jauh lebih baik daripada sekarang. Jika pikiran sehat maka seluruhnya akan sehat, seperti pekerjaan, pendidikan, sosialisasi, ketuhanan, dan lain - lain.

Tidak dibatasi oleh waktu untuk menyehatkan pikiran, karena pemikiran yang sehat itu tergantung dari bagaimana untuk memberikan waktunya kepada proses menikmati hidupnya. Hal ini tercipta karena kesehatan pikiran itu akan membantu penerimaan syaraf yang baik secara cepat bagi kesehatan motorik dan kesehatan sensorik.

Keadaan untuk menyehatkan pikiran tergantung darimana asal dan tempat berkumpul seseorang dalam mengolah pikiran. Terkadang kesehatan berpikir itu datang dari orang - orang yang memiliki cita - cinta tinggi, mau bekerja keras, ulet, tidak mudah mengeluh, dan selalu memberikan hal terbaik dalam hidupnya. Penularan pola pikir akan terjadi disini, penarik becak akan menarik dirinya untuk berkumpul kepada penarik becak lainnya sehingga sama pemikirannya, tempat untuk berkumpulnya penarik becak akan jauh lebih rendah daripada pejabat, petinggi negara ataupun pengusaha yang sering berkumpul di gedung pertemuan mewah dengan hidangan yang memuaskan hasyat.

Tempat merupakan faktor yang paling penting untuk menyehatkan pikiran, karena dengan menyehatkan pikiran melalui tempat, perkumpulan yang ada maka hal ini juga mempengaruhi kesehatan pemikiran seseorang. Sehingga agar tempat yang ditinggali itu baik untuk kesehatan berpikir, sebaiknya seseorang perlu merubah tempatnya agar jauh lebih baik. Sebagai misal kamar tidur yang tidak memilki warna, kusam, atau memiliki tumpukan sampah harus segera dibersihkan dan di cat, karena kalau tidak maka pemikiran akan terus mengarah ke hal yang negatif.

Dengan menyehatkan pikiran maka seseorang telah berhasil, mengerti, dan memahami arti kehidupan berlangsung. Membuat perubahan dalam berpikir, bertindak, berperilaku terhadap sesama, memberikan contoh yang baik, hingga memiliki citra yang profesional untuk negara lain. Menyehatkan pikiran itu memiliki banyak fungsi atau manfaat, diantaranya mendapatkan ilmu yang baik, memiliki strategi baru, tidak mudah menyerah, berpikir dewasa, menjaga emosi, kreatif, dan sebagainya. Ini memiliki peranan penting untuk membangun sebuah perusahaan yang dapat menurunkan angka pengangguran.

Bagaimana cara untuk menyehatkan pikiran secara langsung?, berikut merupakan sekumpulan cara untuk menyehatkan pikiran anda :

Bersedekah

Riset telah membuktikan bahwa sedekah itu dapat menentramkan pikiran. Dalam berpikir seseorang memang tidak memikirkan harta benda darimana datangnya. Namun mereka lebih sering memikirkan bahwa harta benda datang dari kerja keras mereka sendiri tanpa ada campur tangan dari tuhan. Hal ini merupakan suatu bentuk berpikir salah yang dapat merusak pikiran seseorang. Sehingga bersedekah akan memberikan pandangan yang baik dan merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling bahagia karena dapat memberikan harta yang berlimpah kepada orang lain.

Cara bersedekah yang paling baik yaitu memberikan kepada orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak yatim, panti jompo, orang dalam kesusahan, orang yang tidak beruntung, masjid, dan sebagainya. Bersedekah yang baik memang memiliki inti kepada kebaikan dan mengarahkan ke masa depan yang baik. Sehingga bersedekah itu dapat memberikan contoh kepada orang lain supaya berbuat baik kepada dirinya sendiri dan orang lain.

Membagi Ilmu dan Pengalaman

Bagilah pengalaman, ilmu, serta wacana yang telah anda dapatkan untuk orang lain. Ini membuktikan bahwa didalam pikiran anda tidak sekedar ada hal - hal fantasi yang membuat pikiran terpuruk, namun dapat memberikan pemikiran hebat yang dapat digunakan dimasa depan nanti. Ilmu itu dapat didapat dari pengalaman langsung yang pernah terjadi, pemikiran yang terjadi, buku cerita, koran harian, media online update sosial news, dan lain sebagainya. Pemikiran sehat selalu mencari hal baru yang dapat menentramkan pikiran.

Berolahraga Teratur

Telah banyak bukti bahwa berolahraga secara teratur akan membuat tubuh menjadi sehat, pemikiran lancar, rasa nyaman, dan pikiran yang sehat. Jika terus dilakukan setidaknya 2x seminggu akan membuat pikiran menjadi cemerlang. Telah terbukti bahwa orang yang sering melakukan olahraga secara teratur selama 1-3 tahun telah menurunkan berat badan, kolesterol, dan bahkan penuaan dini. Sesegera setelah berolahraga rasa nyaman mulai datang, berpikir positif mulai merasuk dan pikiran akan terus sehat.

Tidak Merokok

Merokok hanya membuat otak menjadi bergantung kepada nikotin, tar, dan bahan berbahaya lainnya didalam asap rokok. Ini memang membuat otak menjadi sangat lambat dalam berpikir, kurangnya asupan omega3 dalam otak sehingga membuat penurunan berat badan,nafsu makan dan pikiran sehat. Berhenti merokok itu dapat menambah pikiran menjadi sangat sehat, ini disebabkan oksigen dalam darah tidak terganggu dalam proses pembentukan sel yang menuju ke otak. Pemikiran akan sehat dan mengembalikan cara berpikir, bertindak dan berpersaan yang benar kepada orang lain.

Jauh Dari Alkohol

Alkohol itu dapat membunuh manusia dalam beberapa bulan. Kandungan alkohol yang dicampuri beberapa minuman bersoda lainnya dapat memicu kematian, kelebihan dosis alkohol dapat membuat sesoerang tidak sadar, membuat tubuh panas, serta pemikiran yang tidak sehat. Berpikir menjadi terhambat ketika anda mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Jauhi alkhohol dan kesehatan pikiran anda akan terjaga dengan baik.

Selalu Beribadah

Beribadah seperti sholat dapat membantu menyehatkan pikiran. Peluklah agama yang mengajarkan kebaikan, maka pemikiran anda juga akan sehat. Ibadah memberikan ajaran baik, keutamaan dalam berhubungan sosial, hingga bagaimana membuat jiwa tenang yang dapat mempengaruhi kesehatan pikiran anda. Beribadahlah dengan tenang, jauhi orang - orang yang mengajak berbuat maksiat, maka pikiran anda akan sehat dan terus terjaga.

Berpuasa

Berpuasa itu merupakan cara seseorang dalam menurunkan kadar radioaktif dalam diri, sehingga terkadang seseorang akan melihat sosok benda ghaib yang tak kasat mata. Ini juga membantu menurunkan kadar makanan yang menyebabkan penyakit dalam tubuh, sehingga pikiran akan kembali tenang dan berpikir menjadi lebih lancar daripada sebelum berpuasa.

Membantu Orang Lain

Sesuatu hal yang paling mulia jika membantu orang lain dengan tidak memungut pamrih. Ternyata tidak hanya menentramkan jiwa ketika anda membantu orang lain, pikiran sehat akan terus menjadi milik anda sesaat membantu orang lain dalam kesusahan. Jika ada orang tua yang ingin menyebrang maka bantulah untuk menyebrangkan, karena dengan menyebrangkan orang tua tadi maka pikiran anda akan terasa tenang dan sehat.

Tersenyum

Senyum itu dapat menghasilkan pikiran positif, kesabaran, ketenangan jiwa, dan membuat hati menjadi bersih. Hal ini senyum dapat memberikan pikiran menjadi cemerlang, terhindar dari pikiran negatif, merasa berharga dan bahagia, serta terus dapat membuat pikiran sehat.

Bersyukur

Syukur itu tanda dari ketengan jiwa, jika anda melakukan syukuran berupa sedekah terhadap orang lain, maka pikiran anda akan terus sehat dan kembali berpikir positif. Bersyukurlah dengan bersedekah kepada orang lain, kegiatan sosial, dan orang yang membutuhkan bantuan anda. Ini merupakan cara yang tepat untuk membuat hidup anda merasa lebih tenang.

Melatih Kemampuan Berpikir

Bermainlah dengan baik, jika anda menyukai game maka bermainlah game di handphone, komputer atau dimanapun yang anda sukai. Jika anda lebih suka bermain outdoor maka bermainlah seperti sepak bola, pingpong, catur, dan sebagainya. Intinya untuk mengasah otak anda agar kembali cemerlang, sehingga kesehatan pikiran anda akan terus terjaga dengan baik...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut