Home » » Manfaat Sedekah Untuk Diri Sendiri

Manfaat Sedekah Untuk Diri Sendiri

Written By Unknown on Kamis, 20 Maret 2014 | 21.01

Sedekah merupakan kemauan seseorang untuk memberikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan. Sedekah dapat berarti memberikan kebaikan atau perbuatan baik kepada orang lain, karena hal inilah yang dapat memperbanyak teman, rejeki, kebahagiaan, dan sesuatu yang baik lainnya. Sedekah akan dibalas oleh tuhan karena dalam islam menyatakan bahwa sedekah merupakan memberikan sebagian rejeki kepada orang lain secara ikhlas dan akan diganti oleh Allah.

Orang - orang yang mendapatkan sedekah antara lain, fakir miskin, orang meminta pertolongan, orang tua, guru atau oran yang benar - benar membutuhkan harta untuk kebaikan. Disamping itu sedekah itu bermacam - macam bentuk pemberiannya, sebagai misal di dekat masjid, pinggir jalan, dekat dengan perempatan rambu lalulintas, atau orang yang meminta di rumah - rumah.

Terkadang ada banyak tempat yang disediakan untuk bersedekah, yaitu di masjid, rumah, wisata dan lain - lain. Sedekah itu secara logika memberikan bantuan kepada orang lain berupa barang, jasa, atau uang. Namun hal itu tidak akan pernah habis, alasannya yaitu bersyukur dan berserah diri kepada sang pencipta. Bersyukur itu membantu sesama dalam mendapatkan inspirasi, gagasan, dan tujuan hidup.

Hal ini dalam islam pernah diajarkan bagaimana untuk menjadi orang baik, bersyukur, dan memberikan kehidupan yang layak bagi orang lain. Sedekah merupakan cara yang paling tepat agar diri sendiri merasa tenang, senang, dan gembira. Dalam hal ini hukum atraksi juga mengajarkan bahwa seseorang akan sukses bila dirinya merasakan ketenangan batin, pikiran, dan perilaku. Sehingga sedekah ini akan membantu anda dalam menyeleseikan tugas - tugas harian anda dan cita - cita anda selanjutnya.

Bila seseorang mengeluarkan uang dan bersedekah ke masjid atau sebagainya, maka uang yang dikeluarkan tersebut tidak akan habis, bahkan bertambah banyak. Sedekah ini memang menggambarkan orang bijaksana, tidak pernah mengeluh, dan ikhlas dalam melakukan hal apapun. Disamping itu sedekah membantu memperlancar aliran darah, sebab darah akan turun karena pikiran tenang, dan hati merasa tentram.

Manfaat sedekah itu banyak sekali, namun ada beberapa point pentin yang dapat diulas agar kita semua belajar mengerti dan memahami sedekah dengan benar. Berikut merupakan manfaat sedekah untuk diri sendiri :

Menyempurnakan Iman Anda

Sedekah memang diyakini dapat memberikan keimanan seseorang. Karena iman merupakan salah satu percaya kepada yang maha kuasa dan ghaib serta jagad seisinya hanya milik tuhan. Bila seseorang tadi terus melaksanakan sedekah, maka iman tersebut akan meningkat. Peningkatan iman tersebut ditandai dengan adanya ketentraman jiwa, cara berperilaku, dan tenang terhadap apapun. Sedekah memberikan seseorang rasa aman dalam dirinya, karena tidak ada orang yang memberikan hartanya untuk orang lain yang membutuhkan dengan tidak mendapatkan balasan yang baik pula.

Bertaqwa Kepada Tuhan

Ini merupakan salah satu hal yang paling dimengerti oleh orang islam, bahwa sedekah akan dilakukan dalam keadaan senang atau sedih. Hal ini merupakan hal yang mudah dilakukan, karena dalam keadaan susahpun anda diwajibkan untuk sedekah. Karena hal ini akan diganti dengan kesenangan, ketenangan, tentram. Selain itu tuhan akan menggantinya dengan rejeki yang tidak dapat dipungkiri. Memberikan harta itu merupakan salah satu hal yang tidak sulit, namun terkadang orang tidak memikirkan bahwa harta yang disedekahkan akan memberikan ketaqwaan yang dapat memberikan kekayaan yang berlimpah dan mendapatkan pahala yang besar.

Menenangkan Pikiran

Ini telah banyak yang membuktikan bahwa untuk bersedekah anda akan mendapatkan ketenangan dan pikiran yang tenang. Hal ini dikarenakan bersedekah seperti zakat fitrah dan diberikan kepada fakir miskin maka anda akan merasa bahwa diri anda telah membantu orang lain dengan ikhlas. Menenangkan pikiran dengan cara bersedekah merupakan cara cepat untuk meninggalkan pikiran kotor, negatif dan perbuatan tidak terpuji lainnya.

Terhindar Dari Api Neraka

Dalam islam menyatakan bahwa untuk menghindari neraka maka sebaiknya bersedekahlah. Dalam Hadist (QS At-Taubah: 34-35) berkata "Iniah harta bendamu, yang kau simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. Allah memberitahukan kepada anda bahwa anda akan mendapatkan siksa pedih dan dipanaskanlah harta anda di neraka sebagai balasan dimana harta benda yang seharusnya disedekahkan anda timbun.

Mendapatkan Citra Baik

Dalam sedekah orang tidak akan membenci, mencaci, menganiaya, atau bahkan berprasangka buruk kepada orang yang sering bersedekah. Sehingga citra baik itu akan terus muncul secara tidak langsung. Pandangan orang akan jauh lebih berbeda ketika anda mau sedekah. Sedekah itu menjauhkan diri dari perbuatan hina, terhindar dari orang jahat, mendapatkan kebaikan dari orang lain, dan selalu diberikan bantuan dari orang lain walaupun anda tidak meminta.

Mensyukuri Kehidupan

Hidup anda akan terasa anda syukuri ketika anda mau untuk bersedekah. Kehidupan anda akan sangatlah indah, tidak memikirkan masalah, dan selalu menjadikan dunia anda menjadi lebih indah. Tersenyum akan anda dapatkan dan perasaan anda akan terus membaik setelah anda mau untuk bersedekah. Sedekah itu juga memberikan banyak inspirasi dalam hidup anda, sehingga hal ini merupakan rasa syukur yang baik untuk kehidupan anda.

Menjadi Kaya

Ini mungkin kurang bisa dicerna bahwa sedekah itu dapat memperkaya seseorang. Begini, jika anda memikili pemikiran kaya, maka anda akan merasa bahwa sekarang walaupun kekurangan namun tetap bersyukur dan menikmati dunia anda. Sehingga kenikmatan yang akan datang pasti tercapai hingga anda memiliki kekayaan yang berlimpah. Tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah. Ini berarti bahwa sedekah itu dapat memberikan suatu pemikiran untuk menjadi orang kaya. Orang kaya selalu memberikan sedekah kepada fakir miskin. Dan mereka selalu bersyukur kepada tuhan atas nikmat dan hidupnya. Itulah kenapa orang yang mau untuk bersedekah pasti kaya dengan hartanya.

Disegani Ghaib

Sedekah selain memberikan rejeki kepada anda namun juga memberikan perlindungan anda dari setan yang akan menggangu anda selama hidup. Sedekah memberikan perlindungan terhadap semua itu, selain takut kepada anda setan juga jijik melihat anda, karena amal dan perbuatan anda sangatlah terpuji. Hal inilah yang menjadi lebih baik daripada segalanya. Anda akan merasa nyaman, tenang, tentram dan selalu merasa senang. Hal ini dikarenakan anda disegani ghaib yang berada disekitar anda.

Penyuci Jiwa Anda

Sedekah merupakan cara dimana anda dapat bersuci diri dari kotoran yang menempel. Salah satu bentuk cinta dunia adalah mencintai hartanya yang berlebihan. Kotoran yang menodai jiwa anda akan disucikan dengan sedekah. Cara ini memang sering disarankan oleh ulama - ulama jaman dahulu untuk membentuk jiwa yang tentram. Sedekah selalu bermanfaat dan selalu berlaku dimanapun anda berada.

Membawa Rejeki Yang Berlimpah

Sedekah memang membawakan berkah, rejeki yang berlimpah. Melainkan itu manfaat yang tercipta untuk anda yang mau untuk bersedekah sekarang juga maka besok anda tidak akan merasakan kesedihan, melainkan kesenangan yang terus anda dambakan. Hal ini memang dampak dari sedekah, selain membawa rejeki yang belimpah, hati senang, hingga anda mendapatkan ketentraman akhirat. Bersedekahlah sekarang juga, maka rejeki yang akan anda dapatkan jauh lebih banyak dari apa yang anda berikan di jalan tuhan...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut