Home » » Cara Sedekah Yang Benar

Cara Sedekah Yang Benar

Written By Unknown on Jumat, 21 Maret 2014 | 09.00

Setelah membahas Manfaat Sedekah Untuk Diri Sendiri, kini kita membahas mengenai cara untuk bersedekah yang benar. Memang benar sedekah itu membawa perubahan yang sangat derastis, namun beberapa cara seseorang kurang tepat untuk diterapkan sebagai cara bersedekah yang benar. Namun beberapa langkah selanjutnya pasti akan menemukan cara yang tepat untuk bersedekah yang baik.

Seseorang yang bersedekah memang mampu menghilangkan perasaan galau, sedih, tamak, iri, benci, dengki dan sebagainya. Anda dapat memberikan sebagian harta anda kepada orang yang membutuhkan seperti pengemis, peminta sumbangan, pengamen, masjid, anak yatim, yayasan panti jompo dan sebagainya. Hal ini dapat membantu anda untuk membentuk suatu perubahan yang ada dalam pikiran anda, sehingga suatu ketika anda merasakan ketidakenakan dalam merasakan hubungan dengan orang lain, maka sedekah membantu anda berperilaku baik kembali kepada orang tersebut.

Sedekah itu dapat dilakukan oleh beberapa orang kaya yang memiliki pekerjaan sebagai Guru, Pengajar, Pegawai Negeri, Petani, Pelaut, dan sebagainya. Intinya sedekah itu merupakan salah satu hal yang paling utama untuk mendapatkan ketenangan walaupun pekerjaan apapun yang dimiliki. Sehingga hal ini akan menjadikan perubahan yang sangat signifikan untuk mendapatkan sedekah yang tepat.

Sedekah yang tepat dilakukan karena ini merupakan salah satu hal yang paling istimewa yang dapat dilakukan dengan ikhlas, senang hati, tanpa pamrih dan dapat memberikan panutan bagi orang lain. Hal ini sedekah bisa memberikan segala hal yang baik bagi diri sendiri terhadap orang lain yang berada disekitarnya.

Indonesia merupakan memiliki banyak orang islam yang membudayakan sedekah sebagai cara untuk memberikan perbaikan hidup. Di dalam agama islam sedekah dapat membersihkan banyak dosa, diantaranya dosa kepada orang tua, teman, orang lain. Selain itu di Indonesia telah diajarkan bagaimana memberikan zakat kepada fakir miskin, membudayakan sedekah pada waktu kotbah sholat jumat, dan sebagainya.

Karena demi terbentuknya suatu kaum atau kelompok masyarakat yang didalamnya tertanam kebajikan, keluhuran batin, keteguhan iman, serta citra yang baik kepada semua bangsa didunia. Terciptanya suatu ketentraman dipicu karena sedekah, memberi tanpa pamrih, tidak memikirkan harapan, dan selalu mencintai tuhan yang maha kuasa.

Bagaimana untuk sedekah yang benar menurut ajaran agama, pemerintahan, maupun kelompok?. Dalam rangkuman dibawah ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan sedekah kepada orang lain secara ikhlas, berjiwa besar, dan teguh dalam pendirian. Sehingga nanti anda akan merasakan kesehatan, kesejahteraan, kedamaian, dan hidup dengan nyaman. Berikut ulasannya :

Sedekah Kepada Orang Tua

Sedekah kepada orang tua itu merupakan salah satu ajaran agama islam yang paling baik. Berikanlah sebagian hartamu kepada orang tuamu, sehingga mereka akan mendapatkan kebahagiaan karenamu. Dan hidupmu akan menjadi lebih mulya dari saudara - saudaramu yang lainnya. Itulah pesan yang paling sempurna dari sedekah. Bila anda memberikan sebagian harta dari penghasilanmu kepada orang tua anda maka kebaikan dan ketentraman jiwa akan tetap menjadi milik anda.

Sedekah Kepada Anak

Anak merupakan suatu anugrah yang dititipkan untuk orang tua. Hal ini harus diberikan pengasuhan yang baik kepada anak agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur tau benar dan salah. Bersedekan kepada anda anda sendiri akan memberikan suatu kebanggan dan ketentraman jiwa telah melindungi anak anda. Memberikan uang jajan dan membiayai sekolah hingga lulus sarjana merupakan cara bersedekah yang membanggakan diri sendiri dan kaluarga.

Sedekah Kepada Istri

Memberikan sedekah itu memang harus disertai dengan keikhlasan. Sehingga kepada istri pun harus mempunyai rasa ikhlas yang mendalam. Karena dengan menafkahi istri dan memberikan sedekah untuknya, maka keharmonisan rumah tangga akan terus anda rasakan hingga tua. Perceraian tidak akan terjadi karena masalah kecil atau masalah yang dapat menimbulkan perceraian. Sehingga bersedekah kepada istri dapat menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

Sedekah Kepada Guru/Dosen

Terkadang guru atau dosen harus diberikan sedekah, seperti memberikan hadiah karena ulang tahun,  Memberikan kejutan berupa pesta makan bersama untuk guru, menyumbang guru ketika sedang sakit, dan sebagainya. Bila hal ini dilakukan maka ilmu yang didapat juga akan memberikan pengaruh yang begitu besar bagi diri sendiri. Kebaikan hidup akan terus tercipta ketika anda mau untuk bersedekah kepada pengajar anda.

Sedekah Kepada Anak Yatim

Anak yatim itu memerlukan pertolongan orang lain untuk terus berjuang hidup hingga mendapakan kedewasaan. Anak yatim itu sebaiknya dilindungi dan diberikan sedekah supaya mendapatkan perlindungan dan kasih sayang dari anda. Sehingga anda diberikan balasan rejeki yang berlimpah dan doa yang terus dipanjatkan dari anak yatim. Dalam agama menunjukkan bahwa anak yatim merupakan titipan tuhan yang sebaiknya dijaga dan dilundungi. Jika ini terus dilakukan melalui sedekah, maka tuhan akan terus memberikan hal terbaik untuk anda.

Sedekah Kepada Panti Jompo

Panti jompo tempat berkumpulnya orang tua yang pernah mengukir sejarah dunia baru. Orang tua merupakan panutan yang hebat, dan sedekah itu bila diberikan kepada kakek dan nenek di panti jompo membuat mereka akan terus sehat, tidak menyerah walaupun sudah tua, dan selalu mendoakan semua orang baik yang mau untuk bersedekah.

Sedekah Kepada Fakir Miskin

Fakir miskin yaitu orang yang memiliki harta yang tidak dapat dimakan setiap hari dan selalu merasakan kekurangan. Apapun yang dilakukan yang penting dapat makan seadanya dan mendapatkan tempat tinggal yang layak. Inilah yang sebaiknya diberikan sedekah. Bila fakir miskin diberikan sedekah dengan prihatin dan ikhlas, maka perbuatan baik akan selalu menyertai anda dan fakir miskin selalu bersyukur atas nikmat tuhan yang maha kuasa.

Sedekah Kepada Masjid Yang Mau Dibangun

Masjid itu adalah tempat ibadah, jika diberikan sedekah dari orang - orang dermawan maka pahala yang diperoleh ketika ada orang yang sholat dimasjid tersebut akan diberikan kepada orang yang bersedekah di masjid. Masjid tempat ibadah, dan ibadah itu menghasilkan karma yang baik, sehingga seseorang yang memberikan sedekahnya kepada masjid niscaya mereka akan mendapatkan dunia yang tentram dan indah.

Sedekah Kepada Orang Yang Sangat Membutuhkan Bantuan

Terkadang orang yang membutuhkan bantuan belum tentu penting. Sehingga berikanlah bantuan dana atau sedekah anda kepada orang yang sangat membutuhkan, seperti menjenguk orang sakit, memberikan sedekah kepada orang terlantar, memberikan makanan kepada anak yatim, dan sebagainya. Mereka sangat membutuhkan bantuan anda, sehingga anda sebaiknya memberikannya dengan ikhlas.

Sedekah Kepada Diri Sendiri

Diri sendiri merupakan wadah yang banyak dilupakan untuk disedekahi. Berikanlah waktu luang anda kepada diri anda sendiri dan lakukanlah hal baik dan positif untuk menunjang perkembangan berpikir, berjiwa, berperasaan, dan mengenal dunia yang baru. Hal ini sangat disarankan, karena sedekah kepada diri sendiri yaitu memberikan kebaikan kepada diriya hingga mereka mendapatkan apa yang mereka mau...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut