Home » » 9 Cara Meningkatkan Kebahagiaan

9 Cara Meningkatkan Kebahagiaan

Written By Unknown on Selasa, 18 Maret 2014 | 17.44

Kebahagiaan merupakan suatu bentuk kesenangan diri terhadap suatu benda, peristiwa, lawan jenis, atau seseorang. Kebahagiaan juga memberikan seluruh hal yang diinginkan, hanya saja kebahagiaan hanya dapat dirasakan didalam hati dan perasaan.

Kebahagiaan ini akan membuat semua kebaikan didalam hidup seseorang karena memiliki pandangan yang positif terhadap masa depan. Sehingga suatu hal yang indah dan membuat bahagia diri sendiri maupun untuk orang lain, hal ini merupakan suatu bentuk awal dari kesuksesan seseorang. Kebanyakan orang yang bahagia akan membanggakan dirinya dan tidak dipublikasikan kepada orang lain, karena hal ini akan membuat orang lain merasa bahwa dirinya sombong atau ungkapan lain yang sama.

Untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang harus menentukan tempat yang tepat agar kebahagiaannya mendukung suasana yang tepat. Hal ini dikarenakan suasana yang tepat tergantung darimana tempat yang dimiliki seseorang tadi untuk mendapatkan kesuksesan secara keselurruhan. Dalam kenyataannya kebahagiaan itu ditentukan oleh seberapa nyamankah tempat seseorang untuk mengaplikasikan suasana hati yang dimiliki, sebagai misal anda menaiki sebuah motor dan anda melihat orang gila telanjang berada di tempat kumuh sehingga membuat pikiran anda tidak nyaman, disisi lain anda juga melihat wanita cantik yang berada di mall yang indah dan perasaan anda merasa nyaman dan membuat pikiran anda tenang. Inilah bentuk dari kebahagiaan yang ditentukan oleh tempat.

Pengaruh kebahagiaan lain dari segi waktu yang menentukan sebagian besar kehidupan didunia ini. Waktu memberikan wadah seseorang untuk meningkatkan kebahagiaan, sebagai misal ada seseorang yang memiliki keinginan untuk mendapatkan barang yang disukai yaitu motor. Motor tersebut harus didapatkan dalam waktu 3 bulan, karena harga motor tersebut Rp. 11.000.000, gaji yang didapat seseorang tadi hanyalah 4 juta per bulan, sehingga untuk mendapatkan motor tersebut harus menunggu dan menghemat pendapatan per bulan untuk bisa mendapatkan motor tersebut.

Oleh karena itu kebahagiaan terjadi bukan karena sebab tertentu dan tidaklah langsung, namun memiliki proses yang panjang dan tenaga yang cukup sehingga kebahagiaan akan didapatkan dengan sebaik mungkin. Hal ini disebabkan ketergantungan terhadap sesuatu yang kurang mendukung seperti kurangnya kepuasan diri, tidak menerima hidupnya, merasa dikucilkan, dijauhi oleh orang dan sebagainya. Kebanyakan orang yang bahagia mereka selalu merasa bahwa hidupnya adalah kekuatan yang menjadi tolok ukur hidupnya agar menjadi lebih baik dan lebih nyaman.

Kemudian bagaimana cara untuk meningkatkan kebahagiaan tersebut yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan seseorang. Berikut ini merupakan 9 Cara Meningkatkan Kebahagiaan :

1. Selalulah Tersenyum

Untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan tersenyum. Senyum itu membawa perubahan besar dalam hidup anda, karena dengan senyum anda akan mendapatkan kesenangan batin, kemampuan berkomunikasi, serta mendapatkan keselarasan dengan hati. Perubahan itu selalu terjadi ketika anda memberikan senyuman kepada orang lain, diri sendiri, maupun keluarga anda. Dengan begitu sesuatu yang mudah akan anda dapatkan segera.

2. Bukalah Hati

Bukalah hati anda dengan beberapa karakter dalam diri anda. Anda akan memiliki banyak teman, sehingga kebahagiaan akan selalu anda dapatkan bila perasaan anda terbuka dengan hati yang jernih. Diri anda akan menghasilkan perubahan yang maksimal ketika anda mampu untuk membuka hati bersama orang - orang yang anda cintai. Hal inilah yang membantu anda untuk tetap berada dalam kebahagiaan yang penuh dengan kenyamanan.

3. Bantulah Orang Lain

Membantu orang lain secara ikhlas merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kebahagiaan anda. Karena dengan membantu orang lain anda akan merasakan perubahan berpikir, bertindak dan menghasilkan perubahan dalam hidup anda. Rasakanlah bila anda membantu orang lain dengan ikhlas dan apa yang anda rasakan?. Itulah yang membuat anda merasa bahagia, dan bila anda memberikan bantuan jangan sekali - kali pamrih, karena bila itu terjadi kepada anda maka kebahagiaan anda tidak dapat sepenuhnya anda dapatkan.

4. Sedekah

Dalam islam menyatakan bahwa sedekah itu dapat meredam api neraka. Istilah lain sedekah itu meringankan beban orang yang diberikan, karena dengan sedekah orang akan membalasnya dengan doa, dan karma baik itu akan memberikan kebahagiaan kepada orang yang memberikan sedekah. Hal ini memang berdampak banyak daripada kebahagiaan tersebut. Sedekah itu akan menghasilkan pemikiran cemerlang secara langsung, sehingga bila anda mau untuk menyedekahkan sebagian harta untuk hal yang baik maka hati, perasaan serta perilaku anda akan menjadi lebih tenang.

5. Berpikir Positif

Berpikirlah positif, karena dengan berpikir positif anda akan diberikan ketenangan batin, mental yang kuat, serta meningkatnya kebahagiaan anda. Berpikir positif itu sangatlah sederhana, bila anda memiliki masalah, maka anggaplah masalah sebagai tantangan buat anda, dan berikanlah tantangan tersebut hal terbaik dari kerja anda. Dengan begitu anda memiliki kegiatan daripada malas - malasan. Berpikir positif memberikan anda kebahagiaan yang anda inginkan, sehingga berpikir positif membantu anda dalam melakukan segala kegiatan yang baik.

6. Hindari Nafsu

Nafsu merupakan hal terbesar yang sebaiknya anda hindari. Nafsu seksual merupakan nafsu yang terbesar yang harus anda kuasai. Karena bila tidak maka anda akan dikuasai oleh nafsu tersebut sehingga anda tidak akan memiliki kebahagiaan sepenuhnya.

7. Beribadahlah Selalu

Ibadah merupakan cara yang tepat untuk menghasilkan perubahan dalam hidup anda. Jika anda berhasil melakukan sholat 5 waktu dalam sehari, maka hal tersebut akan menghasilkan perubahan berpikir, perasaan, dan kegiatan yang anda lakukan. Kabahagiaan itu akan tercipta dengan baik bila anda memiliki ibadah yang baik. Sehingga jika anda terus menuruti agama anda sekarang, maka anda akan menikmati kebahagiaan sepenuhnya.

8. Bekerjalah Dengan Tekun

Secara tidak langsung anda akan menghasilkan perubahan dalam mental, kebiasaan, berpikir dan bertindak anda setelah anda bekerja dengan tekun. Bekerja itu akan meningkatkan kebahagiaan anda jika anda terus menikmati. Dengan menikmati pekerjaan anda dengan tekun maka anda akan mengerti bagaimana kebahagiaan itu datang kedalam kehidupan anda.

9. Buatlah Rencana Baru

Rencana merupakan sebuah konsep hidup yang sangat berarti dalam diri anda. Sehingga memberikan sebuah rencana baru seperti membuat daftar kegiatan, daftar bisnis, daftar pekerjaan anda setiap hari maka hal tersebut membuat diri anda merasakan kebahagiaan sepenuhnya. Dengan cara inilha anda akan menghasilkan perubahan metal yang baik untuk hidup anda sekarang dan masa depan yang akan anda miliki...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut