Home » , » Tips Mengendalikan Emosi

Tips Mengendalikan Emosi

Written By Unknown on Sabtu, 19 April 2014 | 00.06

Emosi merupakan kemampuan manusia dalam merasakan sesuatu di lingkungannya yaitu lingkungan rumah "in door", lingkungan sekolah "studi", dan lingkungan masyarakat "outdoor". Emosi adalah perasaan intens manusia untuk menunjukkan sesuatu kepada orang lain. Emosi memiliki reaksi terhadap seseorang atau kejadian, dimana seseorang akan daapt menunjukan perasaannya seperti senang menenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun terhadap sesuatu hal.

Emosi terdiri dari beberapa hal biologis yang pernah ditulis dari pengarang terkenal Charles Darwin yang menuliskan buku "The Expression of the emotions in man and animal". Dalam konsepnya dari segi biologis emosi berasal dari sistem limbik otak kira - kira memiliki ukuran sebesar buah kacang walnut dan terletak di bagian batang otak. Orang akan cenderung merasa bahagia terhadap sesuatu ketika sistem limbik ini secara relatif tidak aktif. Sehingga orang tidak sama terhadap emosi kepada suatu hal.

Dari Intensitas orang memberikan respon terhadap hal yang berbeda - beda terhadap rangsangan yang memicu datangnya emosi. Dalam sejumlah perbedaan pada saat yang lain perbedaan itu muncul sebagai hasil pernyataan - pernyataan pekerjaan. Sehingga hal ini emosi sangat tergantung dari respon seseorang untuk memperoleh hasil dari emosi tersebut.

Untuk frekuensi dan durasi sendiri emosi merupakan hal yang amat penting. Sebagai misal sukses tidaknya pemenuhan tuntutan emosi seorang karyawan dan suatu pekerjaan tidak hanya tergantung pada emosi, namun yang harus ditampilkan dan apa yang harus di intensitaskan. Namun juga pada beberapa hal yang sering dan lamanya seseorang berusaha untuk menampilkan emosi.

Dari Segi rasionalitas sendiri, emosi adalah hal yang paling penting terhadap pemikiran rasional karena emosi memberikan informasi penting mengenal pemahaman terhadap dunia sekitar. Dalam suatu organisasi kunci pengambilan keputusan yang baik adalah menerapkan pemikiran dan perasaan manusia terhadap suatu keputusan.

Fungsi emosi sendiri memiliki beberapa pengembangan, dari "The Expression of the emotions in Man and animal", menyatakan bahwa emosi berkembang seiring berjalannya waktu membantu manusia dalam memecahkan masalah. Emosi sangatlah berguna untuk memotivasi orang untuk terlibat dalam tindakan penting agat dapat bertahan hidup dari tindakan - tindakan seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa dan memprediksi terhadap perilaku seseorang.

Emosi sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia itu sendiri, karena emosi memiliki klasifikasi yaitu emosi yang positif dan negatif. Emosi positif itu seperti gembira, rasa syukur, mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan. Sedangkan emosi negatif seperti rasa marah, rasa bersalah atau hal yang mengekspresikan sebaliknya. Emosi tidak dapat netral dalam arti netral berarti nonemosional. Ini dikarenakan manusia itu hidup berdampingan dengan manusia lain, sehingga untuk mengaktivkan komunikasi selalu menggunakan emosi.

Terkadang tidur merupakan salaha satu sumber emosi yang manusia miliki. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dalam waktu 24 jam tidur lebih banyak yaitu 6-8 jam  maka emosinya akan stabil dan tidak cepat marah dalam menghadapi segala masalahnya daripada orang yang hanya tidur 3-4 jam sehari. Ini berarti untuk menjaga emosi tetap stabil maka sebaiknya seseorang memiliki tidur yang cukup sebelum mengendalikan emosi jauh lebih dalam.

Ini dikarenakan emosi itu belum bisa dikendalikan sepenuhnya. Untuk mengendalikan sepenuhnya emosi itu harus bisa dipikirkan dan di rasakan dengan hati. Ketika anda merasakan kegundahan dalam menggapai sesuatu maka hal tersebut adalah emosi yang anda lakukan. Sehingga dalam mengendalikan emosi menjadi hal yang lebih baik itu perlu diberikan untuk menunjang kepribadian anda dan kesuksesan yang akan anda raih nanti.

Berikut ini merupakan Tips untuk mengendalikan emosi agar menjadi lebih baik dalam menggapai hari anda.

1. Berpikir Kedepan

Jika pikiran anda merasa bahwa sekarang anda memiliki banyak masalah, hutang, penghasilan kecil, dan sebagainya yang dapat membuat emosi anda semakin memuncak maka sebaiknya anda memikirkan hal yang jauh kedepan. Seperti anda akan mendapatkan kemapanan hidup setelah anda berhasil bekerja keras dan membuahkan hasil yang maksimal, atau anda akan memiliki anak yang lebih baik dari sekarang anda bekerja. Emosi anda menentukan dimana anda menghasilkan sesuatu, sehingga sebaiknya anda memikirkan hal yang jauh lebih kedepan.

2. Melihat Kebawah dan Merenung

Jika anda sering merenung dan melihat kebawah dalam arti bersyukur untuk kehidupan anda daripada orang lain yang lebih rendah penghasilan atau kehidupannya dibanding anda, maka emosi anda akan tetap terkontrol. Jika anda merasakan bahwa hidup itu tidak memiliki emosi sama sekali dan selalu mendapatkan masalah yang besar, maka sebaiknya anda merenungkan diri dengan bersyukur dan melihat orang - orang yang lebih menderita daripada anda sekarang. Bersyukur itu dapat menghasilkan perubahan lingkungan anda dan kehidupan anda semakin baik.

3. Melepaskan Seluruh Kegiatan Yang Ada

Jangan menyesal jika anda menghadapi kegagalan dalam hidup. Tetaplah bersyukur dan selalu memberikan hal terbaik dalam hidup anda. Lepaskanlan seluruh kegiatan yang ada didalam hidup anda. Karena dengan melepaskan seluruh kegiatan yang ada pada hari yang anda tentukan, sebagai misal hari minggu, itu merupakan hal yang paling baik untuk liburan anda. Dengan liburan minilam 1 hari dalam seminggu, akan membangkitkan emosi anda yang menghasilkan pemikiran - pemikiran yang lebih positif, sehingga hal ini akan menjadikan hal yang paling utama dalam hidup anda.

4. Menghindari Pikiran Negatif

Pikiran negatif memang membuat kehidupan ini semakin sulit. Ketika anda merasakan bahwa hidup itu sulit itulah emosi anda tidak terkontrol dan merasa bahwa kehidupan ini adalah suatu musibah terbesar dalam hidup anda. Oleh karena itu jika emosi anda tidak ingin telepas dari pengendalian anda maka sebaiknya ambil sisi positif, buang sisi negatif dan hindari perbuatan yang membuat anda berpikir negatif, karena hal ini akan merusak impian anda dan seluruh kehidupan anda akan kelabu. Buatlah kehidupan yang dapat memberikan pikiran positif, sebagai misal anda senang dengan ibadah yang anda lakukan untuk membentuk ketenangan berpikir, atau hal lain yang membuat pemikiran anda kembali positif.

5. Tidak Berada Dalam Masalah Besar

Jika aanda mengetahui bahwa hidup anda sedang ada ancaman besar, maka sebaiknya anda lepaskan masalah anda dengan bepergian keluar kota, atau ke tempat yang sekiranya aman bagi anda. Preman yang selalu menggangu orang dijalanan sebaiknya di hindari, karena hal ini akan menumbuhkan kejahatan kepada diri anda dan membuat emosi anda tidak terkontrol. Buatlah hari anda menyenangkan agar emosi yang anda dapatkan bisa terkontrol dengan mudah.

6. Pergi ke Suatu Tempat Yang Tenang

Tempat yang tenang akan menghasilkan relaksasi yang lebih baik. Kehidupan anda akan semakin indah dan mudah untuk menunjang hidup anda ke hal yang lebih tenang. Kehidupan yang lebih tenang akan anda dapatkan jika anda memiliki tujuan yaitu pergi ke tempat yang tenang untuk meditasi. Seperti gunung, air terjun yang sepi, danau yang jarang pengunjung, hutan, atau tempat yang lebih tenang lainnya. Hal ini agar mood atau emosi anda dapat anda kontrol dengan mudah.

7. Beribadah

Ini adalah hal yang paling mudah di lakukan namun paling sulit dilaksanakan. Sebab ibadah itu tidaklah mudah untuk berkonsentrasi. Lebih baik anda mencari tempat ibadah sesuai dengan agama yang anda yakini. Karena beribadah itu membuat perubahan dalam segi emosi, anda tidak akan mudah marah dan tidak akan merasa bahwa hidup ini sulit jika anda sering melakukan ibadah. Banyak orang telah membuktikan bahwa ibadah itu membangkitkan pemikiran positif, hidup yang lebih baik, dan seluruh persaan manusia menjadi tenang.

8. Berpuasa

Puasa itu memberikan seluruh pengendalian dalam kehidupan ini. Bila anda berpuasa sebaiknya menghindari tempat yang biasanya membuat anda lapar, yaitu warung, restoran, angkringan, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan berpuasa menahan hawa nafsu, membentuk pemikiran positif, dan dapat menjadikan hidup menjadi lebih mudah karena pikiran yang positf. Berpuasa itu juga memberikan banyak manfaat, seperti diet sehat, kemampuan dalam mengolah otak, rejeki yang berlimpah, dan sebagainya.

9. Selalu Tersenyum Terhadap Masalah

Bila seluruh hal sudah anda lakukan namun emosi anda tetap tidak terkontrol atau belum bisa anda kendalikan, maka tersenyumlah, karena dengan tersenyum itu memberikan pengendalian emosi yang jauh lebih baik dan lebih mudah. Kehidupan ini akan terasa ringan bila anda hidup dengan di kelilingi senyum anda. Bila anda tetap merasakan kesengasaraan dalam emosi anda, maka tersenyumlah agak lama. Dengan begitu anda akan memiliki pemikiran yang jauh lebih positif dari biasanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut