Home » » Manfaat Olahraga Teratur

Manfaat Olahraga Teratur

Written By Unknown on Kamis, 13 Maret 2014 | 02.19

Olahraga merupakan suatu pergerakan tubuh yang memberikan efek samping pada tubuh secara utuh. Olahraga membantu seseorang untuk merangsang otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak dengan teratur. Olahraga juga bisa membuat otak cerdas, bebas dari kepenatan dirumah dan mampu meluangkan waktu untuk hal yang lebih berkualitas. Semua keinginan untuk mendapatkan kesehatan akan terpenuhi.

Berolahraga memang sangatlah penting bagi tubuh yang dapat diilustrasikan seperti mesin yang tidak pernah digunakan. Itulah kenapa para ahli mengatakan bahwa berolahraga merupakan manfaat yang paling baik untuk keshatan. Menurut psikologi yang disebabkan oleh efek berolahraga menunjukkan bahwa berolahraga memiliki lebih dari satu manfaat.

Demikian dengan tubuh manusia, jika kurang bergerak maka tubuh akan menjadi bermasalah dan tidak sehat. Dengan berolahraga maka tidak hanya otot yang terlatih, namun sirkulasi darah dan oksigen akan menjadi lancar, sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Tubuh akan terasa lebih segar, dan otak sebagai pusat saraf akan menjadi lebih normal.

Sekitar 3 hingga 4 kali seminggu jika berolahraga secara teratur akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dalam hal ini sel darah akan mengatur pembentukan sel - sel baru sehingga tubuh akan mengeluarkan sel yang tidak terpakai melalui keringat dan saluran pembuangan yang lain menjadi lebih lancar.

Karena berolahraga itu membuat tubuh menjadi rileks, hormon yang memproduksi rasa nyaman menjadi meningkat, dan membuat perasaan menjadi lebih tenang. Hal ini berolahraga menjadi salah satu hobi terbesar didunia karena sehat dan dapat dilakukan dengan mudah. Sebagai misal berolahraga lari dapat meningkatkan produksi pencairan darah yang belum optimal.

Berikut ini merupakan manfaat dari olahraga teratur setiap minggu.

Meningkatkan Kemampuan Otak

David Atkinson, direktur Cooper Venture Development Program dari Amerika mengatakan bahwa berolahraga akan menungkatkan kemampuan energi dan menambah serotonim dalam otak. Serotonin ini merupakan hormon didalam otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas otak yang mencakup pengaturan stabilitas emosi, nafsu makan dan pemahaman. Seseorang yang berolahraga cukup setiap minggu maka akan menemukan produksifitas menjadi meningkat. Produksi ini tidak hanya berarti otang tersebut dapat memberikan kualitas kerja yang baik namun juga dapat memberikan kontribusikepada suasana yang bahagia saat bekerja.

Mencairkan Stress

Berolahraga memberikan pengaruh relaksasi yang baik untuk semua orang. Hal ini disebabkan ketika seseorang mulai berlatih dan dia akan segera mengetahui bahwa berolahraga akan mengurangi stres dan membuat pribadi menjadi lebih bahagia. Ketika seseorang bahagia pengaruh berolahraga tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan terhadap orang lain juga. Berolahraga akan mencairkan stres sehingga tidak mudah marah, meningkatkan hubungan dengan teman - teman kerja, keluarga dan sebagainya.

Memberikan Energi

Berolahraga selama 30 menit memberikan seseorang perubahan. Endorphin akan dilapaskan kedalam darah selama, seseorang akan merasa lebih berenergi sepanjang hari. Endorphin merupakan senyawa didalam otak yang dapat membuat otak menjadi lebih rileks. Riset menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga dapat menurunkan lelah setelah berolahraga sekali yang sebelumnya tidak terbiasa saat berolahraga.

Cepat untuk mencari waktu berolahraga

Banyak orang yant tidak mengerti mengenai jam atau waktu untuk berolahraga. Sehingga mereka akan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Ini tergantung dari kebiasaan, bila orang yang terbiasa berolahraga, maka mereka akan meluangkan waktu untuk berolahraga. Sehingga mereka dapat membuat daftar harian dan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Dapat Membina Hubungan

Berolahraga dapat meningkatkan hubungan dengan orang lain. Sehingga jika hal itu dilakukan bersama keluarga, maka akan merasakan sedikit lebih dekat dengan mereka. Karena hal ini juga berlaku jika berolahraga bersama dengan teman - teman, selain itu akan dimungkinkan bahwa anda akan mendapatkan teman baru melalui berolahraga. Selain mengurangi berat badan, anda akan mendapatkan dukungan dari teman anda.

Melawan Berbagai Penyakit

Penelitian membuktikan bahwa berolahraga dapat mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, koresterol, osteoporosis, dan masih banyak lagi penyakit lain yang disebabkan karena kurangnya berolahraga. Berolahraga dapat memperlambat penuaan dini, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik dan setidaknya bisa mengurangi kemungkinan terkena flu dan penyakit pada umumnya.

Dapat Memompa Jantung Lebih baik

Ketika anda berolahraga maka jantung akan kuat dan fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja dengan baik. Ini dapat mengurangi plak dari pembuluh darah sehingga jantung akan memompa lebih kuat. Masing - masing pompa akan memberikan sejumlah besar darah dan memperlambat detak jantung.

Memperbaiki Diet

Memang ini sudah terbukti bila anda menginginkan diet secara keseluruhan. Kalori pada lemak anda akan terbakar sesaat ketika anda telah berolahraga. Sehingga semakin banyak otot yang anda miliki semakin baik metabolisme yang anda alami. Pembakaran kalori ini hanya terjadi ketika berada dalam kondisi istirahat, dan berolahraga juga membakar kalori. Meningkatkan metabolisme yang baik akan dapat memiliki pola makan yang sehat. Sehingga selama tidak terlalu berlebihan makanan yang dikonsumsi dapat membakar kalori dalam tubuh anda.

Stamina Meningkat

Jika olahraga rutin selama beberapa minggu berturut - turut maka seseorang akan mendapatkan perkembangan dan perbedaan dalam tubuhnya. Otot akan dikembangkan dan perkembangan ini dapat dirasakan ketika anda melakukan olahraga lari, bola basket, atau olahraga lainnya yang membutuhkan kekuatan otot. pada saat itu penambahan kekuatan yang berasal dari otot akan dirasakan dengan baik.

Menurunkan Berat Badan

Bila anda kelebihan dalam berat tubuh anda, maka berolahragalah secara teratur. Ini akan membuat diri anda menjadi lebih ringan. Karena berat badan anda terus menurun dan mencegah kelebihan badan lagi. Hal ini sering berhasil untuk menurunkan berat badan anda. Sehingga kesabaran anda akan terus diuji hingga anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Jika hal tersebut diatas dilakukan secara rutin dan terus berturut - turut maka manfaat dari olahraga teratur akan terus meningkat. Sehingga hal ini akan mengubah pola hidup anda menjadi olahragawan yang rutin. Sehingga kesehatan yang anda dapatkan terus anda kembangkan. Peningkatan tersebut akan anda rasakan jika anda terus melakukan olahraga secara teratur...

2 komentar:

  1. wahh bisa di cobainnn...
    untuk mendapat hasil yang makximal, sebaiknya dilakukan berapa menit tiap hari...
    dan apa ada perlengkapan khusus misal seperti kaos kaki wanita untuk ibu hamil..
    ditunggu jawabannya sis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama".. Setiap hari memang bagus, tapi kalo berlebihan juga nggak bagus, sebagai misal pagi olahraga, sorenya olahraga, belum malamnya ngegym. Nah sebaiknya teratur agar tubuh bisa mengatur pola sirkulasi pembentukan otot.

      Hapus

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut