Home » , , » Tips Cemerlang Redakan Depresi

Tips Cemerlang Redakan Depresi

Written By Unknown on Kamis, 23 Agustus 2012 | 20.40

Depresi merupakan keadaan dimana perasaan yang meosot seperti surang, sedih, dan perasaan tertekan. Gangguan suasana hati ini sejenis menggangu jiwa yang ditandai dengan suasana hati yang merosot, atau gangguan suasana hati. Seseorang akan mengalami depresi bila ada hal - hal yang menyebabkan depresi tersebut meningkat seperti masalah ekonomi yang membuat keadaan menjadi lesu dan sukar, keadaan geologi yang dapat membuat orang menjadi merosot atau tenggelam kedalam suasana, dan keadaan meteorologi yang disebabkan oleh tekanan udara.

Depresi juga di katakan suatu kondisi yang lebih dari satu keadaan sedih bila depresi seseorang dapat menyebabkan gangguan pada aktivitas yang dilakukan sehari - hari. Bebarapa gejala yang terdapat di dalam gangguan depresi ini adalah perasaan sedih, rasa lelah yang terus berlebihan setelah beraktivitas, hilangnya rasa dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi dapat menyebabkan bunuh diri jika hal ini terjadi berlarut - larut.

Bebearapa sebab umum terjadinya depresi yaitu dikarenakan faktor organobiologis yang dikarenakan ketidakseimbangan neurotransmiter di otak terutama di dalam serotonin, psikologi karena tekanan beban psikis atau dampak pembelajaran perilaku terhadap suatu situasi sosial, dan faktor sosiologi lingkungan karena hilangnya pasangan hidup, pekerjaan, paska bencana, dampak situasi kehidupan sehari - hari, dan sebagainya.

Menurut Diagnotic dan Statistical Manual IV menyatakan bahwa seseorang menderita gangguan depresi jika lima atau lebih gejala di bawah telah ada selama periode dua minggu dan merupakan perubahan keadaan dimana seseorang mengalami berkurangnya salah satu gejala biasa dilakukan. Emosi depresi atau kehilangan minat, bahkan kemampuan menikmati sesuatu merupakan faktor yang sering terjadi ketika orang merasakan depresi berat.

Cara meredakan depresi secara cemerlang dapat dilakukan dengan berbeda - beda cara, tergantung dari setiap orang yang mengalami depresi. Hal ini buasanya dapat dilakukan dengan cara gabungan yaitu dari farmakoterapi dan psikoterapi atau konseling. Dukungan dari orang - orang terdekat serta dukungan spiritual juga sangat membantu dalam penyembuhan. Sehingga semua hal yang harus dilakukan untuk meredakan depresi itu tergantung dari mana orang menanggapinya.

Berikut beberapa tips untuk meredakan depresi secara dini sehingga tidak berlarut - larut.

1. Berpikir Realitis / Nyata

Sering sekali manusia mengarahkan emosi kepada masalah yang telah dihadapi, setiap orang memiliki kecenderungan depresi kerap sekali berpikir tentang segala bentuk situasi yang menimpa sebagai sebuah kesalahan dan menghabiskan waktunya untuk sesuatu yang telah disalahkan. Berpikir nyata atau realistis akan sangat membantu menghilangkan bentuk emosi yang ada, sehingga untuk mempengaruhi pikiran yang baru dan terhindar dari depresi berat seseorang dapat menghilangkan perasaan yang dapat menyalahkan dirinya, menganggap diri sendiri benar dan menghadapi hari sekarang dengan penuh semangat juga membantu seseorang untuk menghilangkan depresinya. Memfokuskan diri untuk hari ini dan menghiraukan pikiran kemarin yang telah terjadi dan tidak menyesal akan hal - hal yang telah dilakukan merupakan cara yang baik untuk menghilangkan depresi.

2. Anggap Masalah Sebagai Tantangan

Kenali masalah / tantangan anda, dengan mengidentifikasi dengan baik permasalahan yang dapat anda rubah sebagai tantangan menjadi lebih mudah anda untuk berpikir, menyeleseikan masalah satu persatu merupakan cara yang paling tepat agar depresi anda segera menghilang dari pikiran anda. Seiring dengan berjalannya waktu, masalah yang anda hadapi saat ini anggaplah sebagai tantangan dan kebaikan hidup dan beranggapan bahwa masalah akan selalu menjadikan diri sendiri menjadi lebih dewasa dan mengapatkan pengalaman yang membantu pembentukan hidup yang lebih baik. Fokuslah kepada hal yang positif, masalah itu merupakan pandangan negatif yang menghancurkan hidup anda, ubahlah dengan tantangan yang positif sehingga perkembangan diri anda akan terus berkembang mulai saat ini.

3. Sesuaikan Tujuan Anda

Bebeapa gangguan depresi dapat muncul akibat seseorang merasa gagal dalam tujuannya, berusahalah untuk mengevaluasi diri dari kegagalan atau keberhasilan yang tertunda tersebut. Buatlah beberapa tujuan yang lebih dapat dicapai. Karena dengan hal ini keberhasilah untuk mencapai tujuan tergantung dari pikiran kecil yang dapat berpikir positif dan optimis dalam mengerjakan masalah atau tantangan yang telah ditujukan. Berhasil mencapai tujuan anda setiap hari akan meningkatkan suasana hati dan membantu melepas dari gangguan depresi jauh lebih cepat daripada dengan mereka yang tidak memiliki tujuan dalam kegiatan setiap hari.

4. Berpikir Positif

Ketika seseorang mengalami depresi maka mereka merasa bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dan hal ini terjadi berulang - ulang hingga terciptalah keburukan tersebut. Dalam kejadian semacam ini seseorang melihat lebih banyak keburukan terhadap sesuatu secara sadar maupun tidak sadar. Mereka memfokuskan diri kepada hal yang mereka perhatikan pada masalah dan mengabaikan keberhasilan. Berpikir positi itu akan menguradi depresi sehingga cermin dari permasalahan yang dianggap sebagai tantangan adalah cara pandang berpikir positif. Sehingga berpikir positif merupakan cara yang paling ampuh untuk meredakan depresi secara dini.

5. Percaya Diri

Jika anda merasa bahwa diri anda tidak memiliki rasa percaya diri dan selalu menganggap semua yang terjadi sebagai kegagalan dan bahkan kesalahan sekecil apapun anda anggap sebagai masalah besar merupakan cara yang paling tepat untuk mendapatkan depresi berat. Percaya dirilah dan semua akan baik - baik saja sesuai dengan keinginan anda nanti. Ketika anda percaya diri maka seluruh hal yang anda inginkan jika anda terus menikmati dan memfokuskan diri kepada hal yang lebih baik maka hal tersebut akan terhindarkan diri dari depresi yang mendalam.

6. Buang Masalah Sejauh Mungkin

Dalam kehidupan pasti anda melakukan kesalahan, beberapa orang membuat lebih banyak kesalahan. Orang yang akan terus menderita depresi lebih memfokuskan diri kepada masalah mereka. Berpikir negatif akan terus anda dapatkan jika tidak membuang masalah anda. Bayangkan masalah yang anda hadapi saat ini menjauh terus dan tidak mungkin kembali kepada anda. Hal inilah yang membantu anda merasa bahwa dunia ini terasa indah dan menghindari depresi itu sangatlah mudah. Buanglah masalah anda, dan teruslah memfokuskan diri kapda hal - hal baik.

7. Menerima Diri Sendiri dan Kelemahan

Jika anda tidak mampu mengatasi depresi sendiri dan jika usaha anda tidak berhasil, hal yang paling baik untuk anda lakukan adalah dengan menerima kekurangan anda tersebut. Daripada mecoba untuk mengubah hidup dengan anda paksa, maka sebaiknya anda menerima diri anda sendiri dengan apa adanya. Rasakanlah dan berkonsentrasilah pada hal - hal yang anda mampu melaksanakannya. Depresi akan lenyap namun tidak bisa anda prediksi kapan depresi akan terjadi. Sehingga sebaiknya anda terus merasa bersyukur terhadap diri sendiri dan kelebihan dan kekurangan anda saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut