Home » » Manfaat Silaturahmi di Bulan Ramadhan

Manfaat Silaturahmi di Bulan Ramadhan

Written By Unknown on Minggu, 20 Juli 2014 | 04.44

Silaturahmi merupakan hal yang paling penting, apalagi saat bulan ramadhan. Silaturahmi dapat menyambung rejeki, memberikan perubahan pada sifat seseorang, dan mampu memberikan petunjuk bahwa hidup itu harus saling mengerti dalam kebersamaan.

Dalam bahasa setiap hari, silaturahmi merupakan cara memohon maaf dan memberikan maaf kepada orang yang pernah melakukan kesalahan, atau memberikan kebaikan dan sambutan yang baik kepada orang yang dulunya menjadi oposisi atau berbeda pandangan. Sehingga silaturahmi itu sangatlah penting di perlukan untuk menyambung tali persaudaraan.

Dalam ajaran islam, Rosullullah bersabda," Yang disebut silaturahmi itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilaturahmi itu adalah menyambungkan apa yang telah putus".

Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita semua untuk menyaradari bahwa silaturahmi tidak hanya merekayasa saja, namun harus melibatkan aspek perasaan atau hati. Dengan kombinasi bahasa tubuh dan bahasa hati, akan memiliki kekuatan untuk berbuat baik dan lebih bermutu daripada apa yang dilakukan oleh orang lain.

Siapa saja yang wajib untuk bersilaturahmi?. Jawabannya adalah kita semua. Baik orang muda maupun tua mereka harus meredam amarah orang lain dengan silaturahmi. Karena dengan meredam amarah dengan silaturahmi inilah yang akan membantu kehidupan ini menjadi lebih baik.

Jika ditanya kapan silaturahmi itu dilakukan?. Jawabnya adalah saat seseorang mendapatkan kelonggaran dalam melakukan aktivitas. Jika orang yang anda ingin silaturahmi itu sedang bekerja, maka sebaiknya ditunda dulu untuk silaturahmi. Jika pekerjaannya selesei, biasanya waktu sore hari, maka anda diperbolehkan untuk bersilaturahmi kepada orang lain.

Ini dikarenakan silaturahmi dapat membantu terciptanya keharmonisan dalam berhubungan sosial. Memiliki pandangan kuat, serta dapat membantu pembentukan hati yang jernih. Kebaikan akan terus terjaga hingga akhirnya membentuk kehidupan yang lebih baik. Silaturahmi membantu datangnya rejeki dan membantu mengecilkan permasalahan.

Dalam bulan ramadhan ini sendiri silaturahmi sangat diperlukan untuk memberikan rasa syukur dan berkah yang didapat ketika bersilaturahmi dengan berbuka bersama. Dengan berbuka bersama maka kearifan dalam bersilarutahmi terjaga dan memberikan banyak pengaruh yang begitu penting dalam bertindak. Sehingga rasa persaudaraan itu ada dan tidak akan putus selamanya.

Kemudian bagaimana manfaat silaturahmi pada saat bulan ramadhan. Yaitu memperbanyak rejeki, memberikan pengaruh terhadap rasa syukur yang mendalam, membantu pembentukan iman, selalu merasa baik dan memiliki prasangka baik terhadap lingkungan, selalu waspada terhadap hal yang baik dan kurang baik, dan sebagainya. Kebaikan akan terjaga dan terus melakukan perbuatan yang terpuji ketika silaturahmi itu dilakukan dengan terus menerus selama bulan puasa..

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut