Home » » Hikmah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Hikmah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Written By Unknown on Kamis, 10 Juli 2014 | 20.11

Puasa telah tiba dan sekarang setiap orang muslim berkewajiban menjalankan puasa ramadhan dengan baik dan benar. Keutamaan dari puasa Ramadhan banyak sekali, diantara keutamaan tersebut adalah hikmah atau manfaat dari puasa itu sendiri.

Hikmah dari puasa yang dapat dilihat yaitu keterkaitan erat dengan amalan puasa yang harus dijalani oleh umat muslim didunia. Tentunya amalan puasa tersebut bukanlah hanya menahan lapar, namun juga memiliki amalan lain ibadah Ramadhan, seperti bersedekah, itikaf, silaturahmi, menghindari diri dari hal - hal yang haram, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu untuk lebih termotivasi dalam menyempurnakan puasa Ramadhan ini maka sebaiknya anda mengingat dan mengingat - ingat hikmah - hikmah dalam puasa Ramadhan berikut ini :

Melatih Disiplin Tepat Waktu

Untuk menghasilkan puasa yang baik dan fit serta kuat di siang hari, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup, hal ini memang membuat seseorang tidur lebih teratur demi kelancaran puasa di bulan Ramadhan. Bangun untuk makan sahur di pagi hari juga melatih kebiasaan bangun lebih pagi untuk mendapatkan rejeki atau makanan.

Kesimbangan dalam Hidup ini

Pada hakekatnya diri setiap orang adalah hamba Allah yang diperintahkan untuk beribadah, namun hanya karena hal duniawi seperti halnya pekerjaan, hawa nafsu dan lain sebagainya sering melupakan kewajiban. Sehingga pada bulan puasa kita dilatih untuk kembali mengingat melaksanakan seluruh kewajiban tersebut dengan pahala yang dilipatgandakan.

Mempererat Silaturahmi

Dalam islam memang ada persaudaraan sesama muslim, akan tampak jelas bila berada di bulan suci Ramadhan, seseorang akan memberikan takjil untuk berbuka puasa gratis. Sholat bersama di masjid, memberi ilmu islam dan banyak ilmu islam di setip penceramaahan dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di Masjid.

Tau Bahwasanya Ibadah Memiliki Tujuan

Salah satu tujuan utama puasa adalah melatih diri untuk menghindari dosa - dosa di hari yang lain di luar bulan Suci Ramadhan. Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil. Tetapi bila tujuannya gagal maka puasa tidak ada artinya. Jadi bila seseorang terbiasa berorientasi kepada tujuan dalam melakukan segala macam ibadah.

Tidap Kegiatan Merupakan Ibadah

Setiap langkah kaki menuju masjid merupakan ibadah, menolong orang ibadah, berbuat adik pada masnusia lain, tersenyum pada saat saudara beribadah, membuang duri di jalan ibadah, sampai tidur orang puasa adalah ibadah. Sehingga sesuatu dapat dijadikan ibadah.

Berhati - Hati Dalam Berbuat

Ketika berpuasa seseorang akan menahan dan berhati - hati dalam bertindak. Ini karena puasa melatih diri untuk tetap berhati - hati terhadap berkata kotor, berbohong, memandang, dan bertindak yang dapat menimbulkan dosa. Latihan ini akan menjadi kebiasaan setelah puasa ramadhan selesei.

Melatih Hidup Sederhana

Ketika berpuasa perut yang biasanya memakan makanan yang banyak dan memperoleh asupan nutrisi yang banyak ketika berpuasa akan mendapatakan kesederhanaan. Makanan yang sedikit, minuman yang cukup dapat melatih kita untuk hidup sederhana. Oleh sebab itu puasa memiliki pandangan yang positif kepada masa mendatang karena kesederhanaan tersebut.

Dapat Melatih Diri Untuk Bersyukur

Rasa Syukur akan terus dicurahkan ketika seseorang berpuasa. Ketika berbuka dan sahur akan mendapatkan sajian makanan yang enak. Rasa syukur itu akan tercurahkan ketika ada sajian makanan yang enak setelah seharian kelaparan menahan puasa. Hikmah tersebut merupakan salah satu hal yang paling banyak di yakini bahwa rasa syukur itu merupakan pemberian rejeki dari Allah SWT dari kerja keras atau puasa yang telah dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut