Home » » Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Written By Unknown on Rabu, 16 Juli 2014 | 23.59

Sembelit merupakan suatu kondisi dimana seseorang jarang sekali buang air besar dan mengalami gangguan pengeluaran kotoran. Penderita biasanya memiliki kotoran yang keras untuk dikeluarkan, sehingga kebanyakan dalam kasus hal ini terjadi karena usus besar telah menyerap terlalu banyak air makanan yang adad di usus besar.

Seorang wanita sering sekali merasakan gejala sembelit, ini dikarenakan makanan lambat bergerak melalui saluran pencernaan makanan, maka semakin banyak air yang diserap akibatnya pada penderita mengalami sembelit yang luar biasa. Wanita memang sering karena didalam usus sembelit akan mencegah keluarnya gas.

Penyebab sembelit yaitu karena usus terlalu banyak, dan hal - hal yang menyebabkan sembalit yaitu, Kurangnya konsumsi makanan berserat, tidak aktif dan jarang melakukan olahraga, karena adanya obat, Kehamilan, penuaan, terlalu sering menggunakan pencahar (Obat untuk mengatasi sembelit), tidak cukup air.

Tidak hanya itu saja, tidur yang kurang juga dapat menyebabkan sembelit. Kekurangan cairan pada waktu malam hari yang seharusnya digunakan untuk istirahat namun untuk kegiatan yang kurang berguna. Untuk itu kurangnya tidur juga menyebabkan sembelit.

Pada saat puasa anda akan merasakan sembelit yang berlebih bila buka dan sahur anda tidak teratur. Disarankan agar anda tepat waktu berbuka dan sahur. Karena hal ini akan menentukan cairan dalam tubuh anda. Sehingga kematian dini tiak akan terjadi pada anda, karena ada salah satu Kasus terjadinya kematian dini hanya dikarenakan kerja terlalu keras dan puasa saat bulan ramadhan serta buka dan sahur tidak teratur.

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi sembelit dan mengurangi rasa sakit saat sembelit pada bulan puasa.

Mengonsumsi Air Secukupnya

Jika asupan air mineral dalam tubuh anda tercukupi maka sembelit akan berkurang. Air memang sangatlah penting untuk mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi 8 gelas air setelah berbuka dan sahur setiap hari dipastikan tubuh anda akan terjaga. Setidaknya dua botol air minum setiap sahur dan berbuka puasa, itulah yang dapat anda lakukan jika ingin sembelit terhindar dari tubuh anda.

Mengonsumsi Serta Setiap Sahur dan Buka

Pilihlah makanan yang mengandung serat yang cukup untuk tubuh anda. karena dengan mengatur serat dalam tubuh anda akan meningkatkan optimasi perut anda sehingga terhindar dari sembelit. Makanlah serat yang cukup seperti pisang, apel, timun, sayuran, nasi punel, dan makanan lain yang dianggap memiliki serat yang cukup.

Pilih Makanan Yang Terhindar Dari Lemak Berlebih

Yogurt merupakan minuman yang memiliki lemak berlebih dan membantu pembentukan bakteri baik pada usus. Sebaiknya anda menghindari yogurt pada saat puasa, karena ini hanya menambah sembelit dalam perut anda. Pilihlah nutrisi yang baik seperti meminum vitamin, madu, kurma saat berbuka dan sahur.

Olahraga Yang Cukup

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan fisik anda. Usahakan jika anda melakukan olahraga setiap pagi seperti jogging, bersepeda, ataupun berjalan kaki di pagi hari. Pagi merupakan suasana yang baik untuk meningkatkan konsentrasi anda dalam melaksanakan aktivitas anda selanjutnya.

Jika sembelit terlalu parah pada saat puasa, maka sebaiknya anda menghubungi dokter, atau makan pada saat puasa. Ini dikarenakan sembelit yang parah. Semoga sembelit anda berkurang pada saat puasa ramadhan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut