Home » » Cara Cemerlang Membentuk Karakter Yang Baik Saat Syawal

Cara Cemerlang Membentuk Karakter Yang Baik Saat Syawal

Written By Unknown on Rabu, 30 Juli 2014 | 23.48

Membentuk karakter yaitu dengan memilih apa yang ada disekitar kita dan memberikan sepenuhnya dengan hati hingga mendapatakan kebiasaan yang dapat di raih. Kata Cemerlang dalam membentuk karakter cemerlang adalah sesuatu yang dilakukan secara spesial dan dibentuk dengan sikap yang baik.

Pengertian di bulan Syawal sendiri adalah memiliki keterkaitan dengan karakter seseorang dalam menjalankan perintah Allah SWT untuk beribadah. Hal ini sangat penting sekali karena Bulan Syawal merupakan hasil dari bulan Ramadhan yang dapat melatih diri membentuk karakter yang baik setelah Hari Raya.

Ketika seseorang menunaikan ibadah Puasa di Bulan Ramadhan maka karakter akan terlihat setelah merayakan Hari Raya Idul FItri. Karena dalam keterhimpitan diri saat berpuasa itu memberikan semua pengaruh yang penting bahwa puasa itu menahan seluruh hal yang berhubungan dengan kemaksiatan.

Puasa Syawal sendiri berlangsung 6 hari saat setelah hari raya Idul Fitri 1 Syawal. Sehingga keimanan seseorang akan terjaga dan membentuk karakter dalam diri sendiri dengan baik. Iman yang sempurna adalah ketika puasa itu menjadi sempurna. Puasa Syawal 6 hari adalah bentuk dari cara untuk menyempurnakan puasa Ramadhan. Sehingga hal ini dapat dijadikan cara untuk membentuk karakter yang baik.

Anda dan seluruh umat di dunia yang dapat menentukan karakter masing - masing baik maupun buruk. Menurut Rosullullah sendiri menerangkan bahwa dalam menyempurnakan iman dan taqwa serta puasa ramadhan, puasa 6 hari dapat menyempurnakannya dengan baik. Menurut pencerah agama, saat puasa memang karakter seseorang dapat terlihat dengan jelas. Bila mereka sabar maka akan mendapatinya dengan tersenyum, senang dan bahagia saat puasa.

Banyak orang di dunia melakukan puasa syawal dengan baik, khusus di Indonesia sendiri dalam membentuk karakter seseorang itu memang harus berpuasa syawal setelah ramadhan dahulu. Jika ini diterima dengan baik, maka setiap hal yang diinginkan dapat diraih dengan mudah.

Di Indonesia sendiri terdapat perbedaan antara pulau satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini memang dipengaruhi oleh ras dan suku. Terkadang tradisi yang berbeda - beda ini memberikan pengaruh terhadap karakter terhadap suku lain yang menjadi tradisi masing - masing. Pengaruh tersebut adalah terbentuknya suatu keanugrahan hidup yang jauh lebih baik. Bahasa dan rasa sosial sangat tinggi bila di padukan perbedaan di Indonesia itu sendiri.

Pada saat syawal sendiri untuk membentuk karakter itu membutuhkan beberapa komponen untuk mendukung terbentuknya karakter. Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan. Bila kegiatan itu mempengaruhi kehidupan yang baik, maka orang itu akan baik pula.

Karena Syawal adalah bulan setelah hari raya yang membentuk manusia menjadi manusia yang berbakti dan teguh keimanannya terhadap Allah SWT. Karena di dalam berpuasa sendiri seseorang akan berlatih diri untuk membentuk karakter dan menahan segala bentuk keinginan yang dapat merusak dan berlebihan. Ini penting sekali sebab dapat menentukan masa depan seseorang jika ingin menjadi manusia yang sejati.

Karena banyak orang yang belum bisa menemukan karakternya masing - masing, maka karena alasan itulah berikut ini terdapat cara - cara yang mampu membentuk karakter tersebut dengan baik.

Sering Sholat Malam

Sholat Tahajud merupakan sholat sunah yang paling baik dilakukan. Karena sholat inilah yang dapat membantu seseorang dalam mempersiapkan seluruh kemampuan dan pikiran serta hati untuk kehidupan nanti. Sering melakukan sholat malam maka karakter akan segera terbuka dan menjadi orang yang baik.

Mengaji dan Membaca Alquran

Bila diberikan penjelasan, mengaji mendengarkan guru menerangkan tentang kehidupan dan membaca alquran, automatis pikiran dan hati akan tercerahkan. Sehingga hal ini dapat membantu orang untuk menemukan karakternya ketika bulan syawal tiba.

Berhubungan dengan Sosial atau Bersilaturahmi

Saat hari raya idul fitri, sering - seringlah pergi ke kerabat atau sanak keluarga. Karena dengan bersilaturahmi maka karakter anda akan segera terlihat. Betapa indahnya bila anda diberikan ilmu yang begitu banyak saat bersilaturahmi kepada kerabat dan keluarga.

Berdzikir Saat Malam Hari

Jika ini di lakukan setiap hari tanpa adanya rasa yang lain kecuali ikhlas membentuk diri kepada Allah, maka karakter anda akan segera terbentuk dengan baik. Agama anda semakin kokoh dan memberikan banyak pengaruh yang baik terhadap hari nanti setelah bekerja atau melakukan kegiatan.

Berbakti Kepada Orang Tua

Bila anda lebih mementingkan keutamaan dalam kehidupan ini seperti pikiran tenang, hati terasa tentram dan hal yang baik dalam hidup ini, sebaiknya anda berbakti kepada orang tua. Karena dengan berbakti kepada orang tua anda, hidup anda sudah memiliki karakter yang hebat, menentukan pilihan yang tepat untuk membantu orang tua dan di kehidupan anda akan terukir hal baik yang dapat anda gapai dengan mudah.

Sering Membaca

Membaca adalah budaya Jepang yang dapat membentuk karakter yang hebat. Bila diterapkan di Indonesia maka karakter Indonesia akan semakin kuat dan hebat. Hal ini terlihat dari pengetahuan yang dimiliki dan perkembangan pengetahuan itu membuat karakter yang baik bagi hidup ini.

Berpikir Positif

Bila anda memiliki pikiran negatif sebaiknya hilangkan. Karena hal itu dapat menghilangkan karakter anda jauh lebih cepat. Berpikir positiflah, karena dengan berpikir positif akan membantu anda membentuk diri dengan jauh lebih baik.

Sering Tersenyum

Bukan hanya dapat berpikir positif saja, senyum juga menandakan diri anda adalah pribadi yang sabar, baik, penuh harapan, dan selalu menjadi panutan bagi orang lain. Bila senyum terus anda lakukan maka anda dapat membantu pembentukan karakter diri anda yang jauh lebih hebat daripada orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut