Home » , , » Tips Cemerlang Berhenti Merokok

Tips Cemerlang Berhenti Merokok

Written By Unknown on Rabu, 12 Maret 2014 | 06.16

Merokok merupakan kegiatan seseorang yang banyak menggangu udara. Merokok dapat menimbulkan banyak gejala seperti kanker, impotensi, gangguan kehamilan, dan masalah ekonomi. Merokok merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan pada tubuh seseorang. Merokok dapat menyebabkan kesehatan menurun, kemampuan otak menurun, berkurangnya sel darah merah, dan energi yang seharusnya diedarkan keseluruh tubuh menjadi di paru - paru. Sehingga banyak perokok mengalami dehidrasi, malas, berpikir negatif.

Perokok biasanya menghisap rokoknya hingga habis, karena tidak ingin membuang - buang uang yang dibelikan rokok. Perokok berat bisa menghabiskan 2 hingga 4 bungkus setiap hari. Jika dihitung dari segi ekonomi, maka harga rokok tersebut 1 bungkus Rp. 10.000, jika satu bulan bisa mencapai angka Rp. 900.000. Kerugian tersebut hanya dihabiskan untuk membeli rokok, dan rokok tersebut akan menjadi salah satu faktor kemiskinan seseorang dan penghasilan yang dimiliki akan cepat habis karena untuk membeli rokok.

Perokok juga menyebabkan orang lain menjadi perokok pasif. Ini terbukti yaitu ketika ada perokok berdekatan dengan non-perokok maka dampak dari perokok pasif. Perokok pasif memang tidak lebih berbahaya daripada perokok asli, namun mereka akan terkena dampak yang begitu besar, seperti terserang kanker paru - paru, kanker otak, pencernaan kurang lancar, dan sebagainya.

Perokok pasif ini sebaiknya berolahraga rutin seminggu 2-3 kali. Karena demi menjaga kesehatan, paru - paru, peredaran darah. Perokok pasif terkadang lebih berbahaya daripada perokok asli, sebab perokok pasif lebih sering menghirup asap rokok orang lain. Sehingga menjauhi orang yang merokok itu akan mengurangi resiko penyakit akibat asap rokok.

Fungsi paru - paru yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Bila hal ini dipakai selain dua gas tersebut seperti masuknya nikotin kedalam paru - paru, maka penyakit kanker paru - paru akan berdampak besar. Tak hanya itu, paru - paru sebagai produksi oksigen yang akan diedarkan seluruh tubuh, hal ini penyakit yang ditimbulkan bukan hanya di paru - paru saja, namun juga ke seluruh tubuh.

Banyak orang yang telah mencoba untuk berhenti merokok. Waktu yang dibutuhkan untuk berhenti merokok itu bermacam - macam. Terkadang 3 Bulan baru berhenti total, terkadang juga 1 bulan sudah behenti, atau bahkan 2 minggu saja sudah cukup untuk berhenti merokok total. Tergantung dari niat seseorang untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Tempat - tempat yang sering dipakai untuk merokok antara lain, Ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, tempat kerja, warung, atau tempat lain khusus perokok perlu dihindari. Sebab kalo terlalu sering ditempat tersebut maka akan lebih besar untuk merokok. Terkadang teman yang merokok juga bisa menjadi penyebab utama merokok.

Sebab merokok itu merupakan aktivitas yang sangat fatal bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. Dampak yang paling sering dirasakan perokok yaitu ekonomi. Banyak orang yang ingin menghentikan aktivitas merokok ini dengan berbagai cara, seperti hipnotis, memakan permen, atau memakai rokok herbal. Namun cara yang paling manjur yaitu secara alamiah.

Cara cemerlang berikut ini dapat membantu anda yang masih kecanduan asap rokok :

Hindari Teman Yang Merokok

80-90% orang yang menginginkan untuk berhenti merokok selalu menghindari temannya yang merokok. Ini alasan utamanya adalah untuk tidak ketularan untuk merokok. Terkadang seseorang tidak tau bagaimana efek dari teman yang merokok, sehingga mereka juga merokok. Sebaiknya jika anda menginginkan untuk berhenti secara total, lebih baik menghindari orang - orang yang merokok termasuk sahabat anda.

Buatlah Eksperimen Tentang Bahaya Merokok

Bahaya merokok itu berdampak pada diri seseorang. Buatlah eksperimen seperti botol yang kosong, kemudian diatas tutupnya dilubangi sehingga membentuk tempat rokok, kemudian rokok di taruh dan diberi api. Setelah menyala botol di remas kemudian dikembalikan, kemudian diremas lagi dan seterusnya hingga asap rokok penuh dan rokok habis. Setelah mendapatkan asap rokok tersebut, pergunakan kapas untuk menghembuskan asap rokok dan melihat seberapa banyak penyakit yang ditimbulkan oleh rokok dan masuk kedalam tubuh manusia.

Lihatlah Video Dampak Merokok

Merokok itu memang tidak baik, sehingga melihat video yang ada di youtube mengenai dampak merokok, itu diyakini dapat mengubah pola pikir anda untuk berhenti merokok. Melihat banyak video mengenai dampak asap rokok merupakan cara yang paling manjur untuk berhenti merokok total. Hal ini dikarenakan bayangan pikiran seseorang akan tertuju kepada dampak merokok daripada hal lain, sehingga akan berhenti dengan cepat.

Jika Belum Bisa Berhenti Merokoklah Rokok Mild

Pengalaman saya yaitu berhenti merokok dengan cara menggunakan rokok mild. Rokok mild itu memang lebih ringan daripada rokok yang kadar nikotinnya melebihi 2 mg. Sehingga rokok tersebut memang dipergunakan untuk orang yang ingin berhenti merokok secara dini. Sedikit demi sedikit rokok berkurang karena rokok mild tersebut.

Bertahaplah Untuk Berhenti

Memang terkadang orang tidak mampu untuk menghentikan kebiasaan sekaligus. Namun dengan berhenti secara bertahap, semisal setiap hari merokok sebungkus, maka cobalah untuk merokok 3/4 bungkus. Kemudian besoknya lagi 2/4 bungkus, dan lusa 1/4 bungkus. Setiap hari cobalah untuk mengurangi setiap batang rokok, karena hal ini akan membantu anda untuk berhenti secara total hingga anda berhasil untuk tidak merokok.

Lupakan Segala Peristiwa Dengan Rokok

Anda pasti memiliki peristiwa mengenai asap rokok. Bila hal tersebut anda miliki maka buanglah jauh - jauh. Jika anda masih memiliki foto atau video mengenai anda merokok maka buanglah video anda. Segala hal yang dapat membuat anda ingat kepada menghisap asap rokok segeralah buang. Karena hal ini akan membangkitkan anda kembali untuk merokok.

Dekatilah Orang Yang Tidak Merokok

Pengalaman saya juga ada pada fase ini. Mendekati orang yang tidak merokok merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Karena dengan mendekati orang non-perokok tersebut akan membiasakan diri dan tertular untuk tidak merokok. Sehingga ini merupakan cara yang paling manjur untuk berhenti merokok.

Berolahragalah Teratur

Agar tubuh anda tetap stabil dan tidak tergoyahkan untuk berhenti merokok. Maka sering - seringlah untuk berolahraga secara teratur. Seminggu 2 hingga 3 kali berolahraga merupakan cara yang cukup baik untuk menetralkan pikiran sehingga pikiran tidak tertuju kepada asap rokok. Minumlah air putih yang cukup sehingga kebutuhan cairan tubuh akan tetap terpenuhi, sehingga kadar nikotin dalam tubuh anda akan menghilang.

Tolak Dengan Sopan Jika Ada Yang Menawari

Teman anda merupakan hal yang paling besar untuk merokok. Sehingga tolaklah dengan sopan jika anda ditawari untuk merokok. Karena dengan bahasa yang sopan itu dapat membantu orang untuk terhindari dari rokok yang akan diberikan kepada anda.

Menabunglah

Hal terakhir yaitu menabung. Ini merupakan hal yang paling hebat untuk berhenti merokok. Sebab menabung itu dapat memberikan peringatan kepada anda agar tabungan anda terus naik. Merokok itu membuang uang dan uang yang anda hamburkan setiap hari itu akan secara terus menerus berkurang karena rokok yang anda beli. Sehingga menabunglah dan lihatlah daftar tabungan anda setiap hari. Jika bertambah berarti anda berhasil untuk berhenti merokok...

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Kawan !!!

Peraturan :
- Berbahasa sopan
- Jangan Spam, Floot atau sebagainya.
- Mengarah Ke Topik
- Saran dan Kritik membangun

Rame - Rame

Copyright@2014-2016. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut